Liga Inggris: Jadi Favorit Manajer Anyar Newcastle United, Wayne Rooney Beri Jawaban Diplomatis

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 20 Okt 2021, 18:10 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 18:10 WIB
Wayne Rooney
Mantan kapten Inggris, Wayne Rooney dan Manajer Derby County Phillip Cocu memberikan keterangan selama konferensi pers di Stadion Pride Park, pinggiran kota Derby, Selasa (6/8/2019). Rooney akan menggunakan nomor punggung 32 ketika membela Derby County mulai Januari mendatang. (Darren STAPLES / AFP)

Bola.com, Derby - Teka-teki manajer anyar Newcastle United semakin menjadi bola liar setelah Steve Bruce dipecat pada Rabu (20/10/2021). Wayne Rooney menjadi satu dari segelintir nama yang dikaitkan bakal menjadi nahkoda dari klub berjulukan The Magpies tersebut.

Wayne Rooney sekarang sedang dalam situasi yang tak baik di Derby County. Situasi itu terjadi setelah klub berjulukan The Rams itu berada di dasar klasemen sementara Divisi Championship 2021/2022.

Rooney saat ini memang masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2023, meski tak ada jaminan posisinya di Derby County aman. Rooney pun mengakui adanya rumor yang mengaitkannya dengan Newcastle United, namun memilih untuk menghormati komitmennya di Pride Park Stadium.

"Saya melihat rumornya pada pagi ini (Selasa). Dari sudut pandang saya, saya tidak bisa menghentikan spekulasi dan memahami itu," kata Wayne Rooney kepada DerbyshireLive.

"Akan tetapi, saya tidak memiliki kontak sama sekali dengan Newcastle United dan itu sudah jelas. Seperti yang saya telah nyatakan sebelumnya, saya berkomitmen untuk klub sepak bola ini," tegas Wayne Rooney.

Newcastle United tentu tak ingin sembarangan dalam menunjuk manajer anyar nanti. Sosok yang meneruskan tanggung jawab Steve Bruce harus yang berkualitas mengingat bakal dapat dana melimpah dari pemilik baru.

2 dari 4 halaman

Terlalu Beresiko

Wayne Rooney
Mantan kapten Inggris, Wayne Rooney memberikan keterangan selama konferensi pers di Stadion Pride Park, pinggiran kota Derby, Selasa (6/8/2019). Mantan striker Manchester United itu resmi bergabung dengan klub kasta kedua Liga Inggris, Derby County sebagai pemain-pelatih. (Darren STAPLES / AFP)

Penunjukkan Wayne Rooney bila dilakukan Newcastle United pun dianggap terlalu beresiko. Rooney sejauh ini baru memiliki pengalaman berlatih tak genap genap setahun. Pencapaian Rooney sebagai manajer pun terbilang biasa saja.

Dalam 50 laga memimpin Newcastle United, legenda Manchester United itu hanya mampu mempersembahkan 14 kemenangan. Adapun sisanya meraih 15 kali imbang, dan 21 kali kalah.

Ambisi tinggi yang dibebankan pemilik baru Newcastle United tentu akan sangat berat buat Wayne Rooney. Apalagi Newcastle United saat ini berada di posisi yang tak bagus yakni 19 klasemen sementara Premier League 2021/2022.

3 dari 4 halaman

Kandidat Lain

Foto: 5 Kandidat Pengganti Steve Bruce di Kursi Kepelatihan Newcastle United
Frank Lampard bisa menjadi opsi untuk masuk sebagai pelatih baru Newcastle. Pasalnya, ia mampu menunjukkan kualitas yang cukup baik bersama Derby County dan Chelsea di awal karier kepelatihannya. Ia juga mampu mengembangkan pemain muda untuk menjadi kunci tim. (AFP/Pool/Richard Heathcote)

Selain Wayne Rooney, sosok yang paling mungkin melatih Newcastle United adalah Frank Lampard. Legenda Chelsea itu sudah punya pengalaman panjang menjadi manajer.

Lampard mengawali karier kepelatihannya di Derby County dan sukses memberikan penampilan gemilang. Keberhasilan itu yang membuatnya dipercaya menukangi Chelsea selama lebih dari setahun.

Selain itu, ada pula nama Antonio Conte yang juga dikaitkan dengan posisi bergengsi tersebut. Sayangnya, Conte tak tertarik menukangi Newcastle United.

Sumber: DerbyshireLive

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Newcastle United di Premier League

Lanjutkan Membaca ↓