7 Kandidat Manajer Baru Newcastle United, Termasuk Antonio Conte dan Wayne Rooney

Oleh Gregah Nurikhsani pada 20 Okt 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 20 Okt 2021, 21:00 WIB
Newcastle United - Ilustrasi Bin Salman
Newcastle United - Ilustrasi Bin Salman (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Steve Bruce resmi mengundurkan diri dari Newcastle United 13 hari setelah Pangeran Arab Saudi mengambil alih kepemilikan klub. Sejumlah manajer anyar pun disebut-sebut bakal meneruskan tongkat kepemimpinan di St. James' Park.

Steve Bruce melatih Newcastle United selama dua musim terakhir. Ia membawa tim berjulukan The Magpies itu finis di posisi ke-13 dan 12 pada dua musim berbeda.

Suporter sedianya tetap percaya pada tangan dingin arsitek berusia 60 tahun tersebut. Akan tetapi, setelah Newcastle United diakuisisi oleh Mohammed bin Salman, tekanan justru menguat.

Kini Steve Bruce resmi meninggalkan Newcastle. Ia bersyukur dan berterima kasih telah dipercaya selama dua musim menangani Jonjo Shelvey dan kolega.

"Newcastle United adalah klub dengan fans luar biasa. Saya benar-benar berharap pemilik baru bisa membawa tim ini melangkah lebih jauh. Saya berdoa agar tim bisa sukses," kata Steve Bruce.

Belakangan, nama Wayne Rooney kerap dikait-kaitkan dengan Newcastle. Bahkan Antonio Conte turut diseret sebagai calon penerus Steve Bruce.

Kira-kira, siapa yang akan menjadi manajer anyar Newcastle United? Apakah Antonio Conte? Atau kembali ke pelatih lokal macam Wayne Rooney?

2 dari 9 halaman

1. Paulo Fonseca

AS Roma Vs Inter Milan
Pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, saat melawan Inter Milan pada laga Serie A di Stadion Olympic, Roma, Minggu (19/7/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Riccardo De Luca)

Mantan pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, adalah nama terbaru yang dikaitkan dengan kepindahan ke Tyneside.

Laporan terbaru mengklaim mantan manajer Porto dan Shakhtar Donetsk itu mampu memberikan dampak signifikan bagi Newcastle.

Sebelumnya, pelatih asal Portugal itu dikaitkan dengan Tottenham Hotspur, namun Nuno Espirito Santo, juga dari Portugal, yang dipilih.

 

3 dari 9 halaman

2. Lucien Favre

Erling Haaland Cetak Brace, Borussia Dortmund Bantai Club Brugge di Liga Champions
Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Club Brugge pada laga lanjutan Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (25/11/2020) dini hari WIB. Borussia Dortmund menang 3-0 atas Club Brugge. (AFP/Ina Fassbender)

Lucien Favre menjadi favorit rumah judi dalam beberapa hari terakhir. Pelatih Swiss berusia 63 tahun itu menganggur setelah meninggalkan Borussia Dortmund tahun lalu.

Favre hampir saja bergabung dengan Crystal Palace pada musim panas sebelum menunjuk Patrick Vieira sebagai manajer

Favre sangat akrab dengan Allan Saint Maximin. Kedekatan ini bisa melicinkan jalannya ke St. James' Park.

 

4 dari 9 halaman

3. Antonio Conte

Foto: 5 Pelatih Berkelas yang Layak Menggantikan Ronald Koeman Jika Dipecat Barcelona
Antonio Conte - Reputasi pria Italia ini sebagai pelatih bermental juara sudah tidak perlu diragukan lagi. Tangan dinginnya sukses membawa Juventus, Chelsea hingga Inter Milan menjadi kampiun di liganya masing-masing. (AFP/Vincenzo Pinto)

Setelah meninggalkan Inter Milan di musim panas, manajer asal Italia, Antonio Conte, sedang menunggu proyek berikutnya.

Memenangkan gelar liga bersama Juventus, Chelsea, dan Inter Milan, Conte secara realistis dapat dengan mudah menemukan pekerjaan apa pun di dunia sepak bola.

Karena itu, tidak mengherankan jika pemain berusia 52 tahun itu dikaitkan dengan kepindahan ke Tyneside.

 

5 dari 9 halaman

4. Roberto Martinez

Foto: 7 Juru Taktik Jempolan yang Bisa Gantikan Ronald Koeman di Barcelona
Roberto Martinez - Pelatih Timnas Belgia ini cukup santer dikabarkan menjadi kandidat pengganti Koeman di Barcelona. Pria berusia 48 mampu membawa Belgia meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2018 dan menembus perempat final di Euro 2020.(AFP/Stuart Franklin)

Manajer Timnas Belgia, Roberto Martinez, tampaknya akan kembali ke klub sepak bola dan juga menempati peringkat tinggi di antara calon pengganti Steve Bruce.

Pengalamannya di Liga Inggris sudah cukup, yakni ketika menangani Everton dan Wigan Athletic. Martinez ditanyai tentang kemungkinan menggantikan Bruce setelah kekalahan Belgia dari Prancis pada Kamis malam.

"Seperti yang bisa Anda bayangkan... Anda tidak boleh bertanya kepada saya tentang rumor setelah... setelah pertandingan," jawabnya.

 

6 dari 9 halaman

5. Brendan Rodgers

Tottenham Hotspur, Leicester City, Premier League
Pelatih Leicester City, Brendan Rodgers, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Tottenham Hotspur pada laga Premier League di London, Minggu (19/7/2020). Tottenham Hotspur menang tiga gol tanpa balas. (Michael Regan/Pool Photo via AP)

Media di Inggris melaporkan bahwa pemilik baru Newcastle telah mencoba untuk menggoda Brendan Rodgers meninggalkan Leicester City.

Mantan manajer Liverpool itu masih bisa tergoda oleh tantangan baru dengan semua kekayaan yang akan dimiliki Magpies, meskipun telah mengecilkan saran dia akan meninggalkan The Foxes, bahkan sebelum mereka mengalahkan Manchester United 4-2 pada hari Sabtu.

Leicester pasti akan berjuang mati-matian untuk mempertahankan Rodgers di Stadion King Power juga, toh?

 

7 dari 9 halaman

6. Eddie Howe

Foto: 5 Kandidat Pengganti Steve Bruce di Kursi Kepelatihan Newcastle United
Eddie Howe merupakan sosok penting dibalik kesuksesan Bournemouth naik ke kasta pertama Liga Inggris. Ia juga mampu meracik permainan yang ciamik bersama The Cherries walaupun hanya bertahan dua musim saja. Saat ini, Eddie Howe tidak sedang melatih klub manapun. (AFP/Oli Scarff)

Pekan lalu, Eddie Howe adalah favorit besar untuk menggantikan Steve Bruce.

Tapi dengan berkembangnya rumor seputar siapa yang layak mengisi posisi manajer di Newcastle, namanya justru perlahan merosot.

Howe telah menganggur sejak meninggalkan Bournemouth pada Agustus 2020, dan Daily Star Sport mengklaim bahwa dia telah memberi tahu teman-temannya bahwa dia akan tertarik menangani The Magpies.

 

8 dari 9 halaman

7. Wayne Rooney

Foto: Frank Lampard hingga Michael Carrick, 6 Mantan Pemain Top Inggris yang Baru Meniti Karier Kepelatihan
Wayne Rooney sebenarnya sudah dipercaya melatih Derby County ketika dirinya masih bermain disana yaitu sejak November 2020. Namun baru resmi ditunjuk sebagai manajer ketika dirinya mengumumkan pensiun pada Januari tahun ini. (Foto: AFP/Darren Staples)

Wayne Rooney sekarang sedang dalam situasi yang tak baik di Derby County. Situasi itu terjadi setelah klub berjulukan The Rams itu berada di dasar klasemen sementara Divisi Championship 2021/2022.

Saat ini Rooney memang masih terikat kontrak sampai 30 Juni 2023, meski tak ada jaminan posisinya di Derby County aman. Rooney pun mengakui adanya rumor yang mengaitkannya dengan Newcastle United, namun memilih untuk menghormati komitmennya di Pride Park Stadium.

"Saya melihat rumornya pada pagi ini (Selasa). Dari sudut pandang saya, saya tidak bisa menghentikan spekulasi dan memahami itu," kata Wayne Rooney kepada DerbyshireLive.

"Akan tetapi, saya tidak memiliki kontak sama sekali dengan Newcastle United dan itu sudah jelas. Seperti yang saya telah nyatakan sebelumnya, saya berkomitmen untuk klub sepak bola ini," tegas Wayne Rooney.

Sumber: Daily Star

9 dari 9 halaman

Posisi Newcastle United Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓