5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Rekor Masih Digenggam Teddy Sheringham

Oleh Aryo Atmaja pada 21 Okt 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 10:15 WIB
FOTO: 6 Pemain Lokal yang Pernah Menyabet Gelar Top Skor Liga Inggris
6. Teddy Sheringham (Tottenham Hotspur) - Pria asal Inggris ini merupakan top skor di musim perdana era Premier League yakni musim 1992/1993. Sheringham sukses mencetak 22 gol pada musim tersebut. (AP/Camay Sungu, File)

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris sudah lama dikenal sebagai kompetisi terbaik sejagat. Banyak klub mentereng dengan prestasi atau kemampuan berbelanja pemain yang fantastis ada di negeri Ratu Elizabeth itu.

Persaingan yang kompetitif di setiap musimnya membuat Liga Inggris banyak disegani tidak hanya oleh orang warga lokal. Pesona Liga Inggris menyebar dan digemari di berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya persaingan antarklub di kompetisi domestik, banyak tim yang merupakan wakil Inggris merajai Eropa. Bahkan duel sesama tim asal Inggris tampil di final Liga Champions musim lalu.

Liga Inggris juga banyak dihuni pemain kelas dunia selama bertahun-tahun. Mulai dari kiper, bek, gelandang, sampai striker terbaik dunia telah mencicipi kerasnya persaingan di Liga Inggris.

Deretan pemain-pemain gaek juga banyak yang berkiprah di Liga Inggris dan mampu menunjukkan kemampuan. Menarik untuk disimak daftar pemain-pemain dengan usia tertua yang mampu mencetak gol dalam sepanjang sejarah Liga Inggris.

Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain tertua pemegang rekor dalam mencetak gol di Liga Inggris yang dikutip dari Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

5. Graham Alexander

Ilustrasi - Daniel Passarella, Graham Alexander, Sergio Ramos, Laurent Blanc, Ronald Koeman, Fernando Hierro
Ilustrasi - Daniel Passarella, Graham Alexander, Sergio Ramos, Laurent Blanc, Ronald Koeman, Fernando Hierro (Bola.com/Adreanus Titus)

Dia adalah pemain kawakan yang memiliki posisi sebagai bek kanan. Catatan gol sebagai pemain tertua kelima di Liga Inggris dilakukannya saat bermain untuk Burnley di musim 2009/2010.

Graham Alexander mencetak gol di usianya yang ke 38 tahun lebih 180 hari. Sebuah catatan mentereng bagi pemain yang mendekati usia kepala empat di Liga Inggris.

Dia termasuk pemain belakang yang rajin mencetak gol. Torehan gol lainnya dilesakkan ke gawang Hull City, Sunderland, Manchester City, dan Arsenal.

3 dari 6 halaman

4. Stuart Pearce

West Ham United, Leicester City, Premier League
Pelatih West Ham United, David Moyes (kanan) dan asisten assisten Stuart Pearce memberikan arahan saat melawan Leicester City pada laga Premier League di London Stadium, London, (24/11/2017). Wets Ham tahan Leicester City 1-1. (AFP/Ian Kington)

Pria itu kini sudah beralih profesi sebagai pelatih di usianya yang ke-59 tahun. Namun Stuart Pearce pernah mencatat rekor sebagai pemain paling tua mencetak gol di Liga inggris.

Catatan itu dibuatnya pada musim 2000, saat ia berseragam Manchester City. Golnya ke gawang Southampton dicetak ketika ia berusia 38 tahun lebih 211 hari.

Stuart Pearce dikenal sebagai pemain besar bagi Nottingham Forest, kemudian hijrah ke Newcastle United dan Manchester City.

4 dari 6 halaman

3. Ryan Giggs

Ryan Giggs
Ryan Giggs juga tercatat sebagai penentun kemenangan MU atas Chelsea pada laga final Piala Champions di Moskow tahun 2008 lalu. (AFP/Paul Ellis)

Ryan Giggs adalah legenda Manchester United. Pemain yang menjadi salah satu pemain terbaik MU dan bintang Liga Inggris.

Giggs bermain di MU selama 22 musim. Pria asal Wales itu mencatatkan rekor sebagai pemain tertua ketiga di Liga Inggris yang masih mampu mencetak gol.

Pemain berposisi gelandang sayap kiri itu mengukir rekornya pada musim 2013 dengan mencetak gol ke gawang Swansea pada umur 39 tahun lebih 85 hari. Sekaligus menjadi gol yang ke-109 sepanjang kariernya di MU.

5 dari 6 halaman

2. Dean Windass

FOTO: 5 Pemain Pencetak Gol Tertua di Liga Inggris Sepanjang Sejarah, termasuk Ryan Giggs - Dean Windass
Dean Windass. Striker Inggris ini mencetak gol terakhirnya di Liga Inggris di usia 39 tahun, 7 bulan dan 21 hari saat Hull City menghadapi Portsmouth, 22 November 2008. Total ia mencetak 17 gol dan 4 assist dalam 104 laga selama berkiprah di Liga Inggris. (AFP/Adrian Dennis)

Dean Windass merupakan pemain yang tampil lebih dari 100 pertandingan dan mencetak 17 gol di Liga Inggris untuk tiga klub berbeda.

Berposisi sebaai striker, Windass mencetak sepuluh gol dalam debutnya dalam kompetisi dengan Bradford pada 1999/2000. Ia mencatat rekor sebagai pemain tertua kedua yang mencetak gol di Liga Inggris.

Gol itu tercipta saaat Windass membela Hull City melawan Portsmouth musim 2008. Dean Windass berusia 39 tahun lebih 231 hari saat itu.

6 dari 6 halaman

1. Teddy Sheringham

Manchester United atas Bayern Munchen di Final Liga Champions 1999
Striker Manchester United, Teddy Sheringham, berebut bola dengan bek Bayern Munchen, Samuel Osei Kuffour, pada laga final Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona (26/5/1999). Manchester United menang 2-1 atas Bayern Munchen. (AFP/Eric Cabanis)

Inilah pemilik rekor pencetak gol tertua sepanjang sejarah Liga Inggris. Teddy Sheringham merupakan legenda Manchester United dan juga Timnas Inggris.

Teddy Sheringham adalah seorang striker haus gol dengan mencetak hampir 150 gol dalam 418 pertandingan untuk lima klub berbeda. Dia juga menjadi pemain tertua yang mencetak gol di Premier League pada usia 40 tahun lebih 264 hari.

Sepak terjang Teddy Sheringham bersama MU adalah menjadi penentu kemenangan si Setan Merah di final Liga Champions kontra Bayern Munich musim 1999. Golnya membawa MU melengkapi treble winner musim itu.

Sumber: Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓