VIDEO: Kata-Kata Menginspirasi dari Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Oleh Okie Prabhowo pada 17 Nov 2021, 13:17 WIB
Diperbarui 17 Nov 2021, 13:17 WIB

Bola.com, Dubai - Pep Guardiola bisa disebut salah satu "pelatih jenius" di dunia sepak bola. Prestasinya yang luar biasa dalam menangani tiga klub. Namun, manajer Manchester City itu baru-baru ini menyebut dirinya "tidak jenius". Mengapa?

Pep Guardiola mengantarkan Barcelona meraih banyak trofi saat ia menjadi pelatih tim utama. Blaugrana meraih gelar juara Liga Spanyol (LaLiga) tiga musim beruntun, dua trofi Copa del Rey, tiga trofi Supercopa de Espana, gelar juara Liga Champions dua kali, trofi Piala Super Eropa, dan dua trofi Piala Dunia Antarklub.

Di Bayern Munchen, Guardiola mempersembahkan tiga gelar juara Bundesliga, dua kali DFB-Pokal, trofi Piala Super Eropa, dan gelar juara Piala Dunia Antarklub. Kemudian di Manchester City, prestasi menterengnya sementara ini yaitu tiga gelar juara Liga Inggris (Premier League), sekali juara Piala FA, 4 trofi Piala Liga, dan 2 kali Community Shield.

Guardiola memang belum mendapatkan gelar juara Liga Champions bersama Manchester City. Namun, bila melihat prestasinya sejauh ini, ia memang patut disebut pelatih sukses dan "jenius". Permainan timnya, yang mengandalkan ball possession, bisa membuat lawan kewalahan.

Namun, Guardiola tidak menganggap dirinya jenius. Ia mengatakannya belum lama ini saat berada di Dubai, Uni Emirat Arab, dalam acara Expo 2020 Dubai. Pelatih berusia 50 tahun tersebut lebih menyebut dirinya pekerja keras. Kata-kata tersebut yang bisa membuat kita terinspirasi.

Bagaimana kata-kata menginspirasi dari seorang manajer Manchester City, Pep Guardiola? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan singkat di atas.