Sukses


Termasuk Memphis Depay, 5 Meneer yang Redup di Manchester United

Bola.com, Jakarta - Raksasa Inggris, Manchester United sudah lama dikenal memiliki banyak pemain beken. Tidak hanya para pemain terbaik dari tanah Inggris, legiun asing pun banyak yang mengenyam sukses bersama tim Setan Merah.

Manchester United juga dikenal sering menggunakan jasa pemain dari Belanda, negeri yang punya tradisi kuat melahirkan pesepakbola berbakat. Bahkan tidak sedikit pemain dari negara tersebut yang mampu menemukan kesuksesan di Old Trafford.

Nama-nama seperti Ruud van Nistelrooy, Edwin van der Sar, dan Robin van Persie turut membantu Setan Merah meraih gelar Premier League. Atau yang terbaru saat ini, Man United saat ini punya Donny van de Beek.

Tapi ternyata juga ada pemain asal Belanda yang tampil tidak sesuai harapan ketika membela The Red Devils. Bahkan ada pemain yang harus ditebus dengan harga yang cukup mahal.

Siapa saja mereka? Berikut ini lima pemain Belanda yang gagal bersinar selama berseragam Manchester United:

2 dari 7 halaman

Jordi Cryuff

Jordi Cruyff merupakan putra legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff. Dia bergabung dengan Manchester United dari Barcelona pada musim panas 1996.

Awalnya, Jordi sempat tampil reguler bersama skuat Setan Merah. Sayangnya, cedera lutut merusak karier sang gelandang di Old Trafford.

Selama empat musim bersama Man United, Jordi hanya memainkan 58 pertandingan dengan torehan 8 gol. Dia sempat dipinjamkan ke Celta Vigo sebelum dilepas secara permanen ke Deportivo Alaves pada 2000.

3 dari 7 halaman

Raimond van der Gouw

Manchester United merekrut Raimond van der Gouw pada musim panas 1996. Namun, kiper asal Belanda itu cuma menjadi pelapis Peter Schmeichel di Old Trafford.

Saat Schmeichel hengkang ke Sporting Lisbon pada 1999, Van der Gouw juga gagal menembus skuat utama. Dia kalah bersaing dengan Mark Bosnich dan Fabien Barthez.

Van der Gouw akhirnya pindah ke West Ham pada tahun 2002. Selama enam tahun di Man United, Van der Gouw cuma tampil dalam 56 pertandingan di semua kompetisi.

4 dari 7 halaman

Alexander Buttner

Manchester United memboyong Alexander Buttner pada musim panas 2012. Pemain asal Belanda itu didatangkan dari Vitesse untuk memperkuat posisi bek kiri Setan Merah.

Namun, Buttner gagal merebut tempat utama dari Patrice Evra. Alhasil, Buttner jarang terlihat di lapangan dan lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan.

Buttner mencatatkan 28 penampilan dan mencetak dua gol bersama Setan Merah. Dia kemudian dilepas Manchester United ke Dynamo Moscow pada tahun 2014.

5 dari 7 halaman

Memphis Depay

Ada banyak harapan ketika Memphis Depay datang ke Manchester United pada 2015. Pasalnya, penyerang asal Belanda itu tampil mengesankan bersama PSV Eindhoven.

Sayang, Depay gagal menunjukkan performa yang mengesankan selama berada di Old Trafford. Dia hanya mencetak tujuh gol dalam 53 penampilan bersama Setan Merah.

Depay akhirnya dlepas ke Lyon pada Januari 2017 di era kepemimpinan Jose Morinho. Namun, performanya justru melonjak drastis setelah hengkang ke Ligue 1 dan sekarang bermain di Barcelona.

6 dari 7 halaman

Donny van de Beek

Donny van de Beek bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2020. Gelandang asal Belanda tersebut ditebus seharga 39 juta euro setelah tampil mengesankan bersama Ajax Amsterdam.

Sayangnya, Van de Beek mengalami momen yang buruk setelah datang ke Old Trafford. Pemain berusia 24 tahun tersebut jarang dimainkan oleh sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer.

Van de Beek hanya mengoleksi total 41 penampilan bersama The Red Devils. Sang pemain dikaitkan dengan pintu keluar dari Old Trafford pada bursa transfer Januari mendatang.

Disadur dari Bola.net (Aga Deta, published 16/11/2021)

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Posisi Manchester United di Saat Ini

Video Populer

Foto Populer