Sukses


Liga Inggris: Deretan Manajer yang Dipecat Manchester United setelah Sir Alex Ferguson Pensiun

Bola.com, Manchester - Manchester United baru saja memecat Ole Gunnar Solskjaer dari posisinya sebagai manajer tim. Manajer asal Norwegia itu menjadi pelatih keempat yang harus dipecat oleh The Red Devils sejak manajer legendaris klub, Sir Alex Ferguson, pensiun pada 2013.

Sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013, dan menutup kariernya dengan trofi juara Premier League, Manchester United seakan kesulitan untuk bisa menemukan suksesornya. Manchester United hingga kini belum lagi merasakan gelar juara Premier League.

Padahal sejak 2013 itu, ada empat manajer, plus satu manajer berstatus interim, yang dipercaya untuk menangani The Red Devils. David Moyes menjadi manajer pertama yang ditunjuk oleh Manchester United setelah kepergian Sir Alex Ferguson. Moyes memimpin The Red Devils dalam 34 laga saja di Premier League, dengan meraih 17 kemenangan.

Setelah itu, diselingi Ryan Giggs yang menjadi pelatih interim dalam empat pertandingan, Louis van Gaal datang untuk menangani The Red Devils. Pelatih asal Belanda itu sedikit lebih baik dari David Moyes, mendapatkan kepercayaan memimpin The Red Devils dalam 76 laga Premier League dan meraih 39 kemenangan.

The Special One, Jose Mourinho, juga pernah mendapatkan kepercayaan menangani Manchester United. Manajer yang pernah membawa Inter Milan treble winner pada 2010 itu memimpin Manchester United dalam 93 laga Premier League dan meraih 50 kemenangan.

Hingga akhirnya Ole Gunnar Solskjaer, sang legenda The Red Devils sendiri yang mendapatkan kepercayaan itu. Seperti yang sudah ramai diperbincangkan, Solskjaer memang cukup lama mendapatkan kepercayaan meski performa buruk terus menimpa The Red Devils. Solskjaer memimpin Manchester United dalam 168 laga Premier League dengan meraih 91 kemenangan.

Sayangnya, tidak satu pun manajer tim itu berhasil memberikan gelar juara Premier League untuk Manchester United. Bahkan keempatnya harus merasakan akhir karier bersama The Red Devils dengan pemecatan.

 

2 dari 6 halaman

David Moyes (Juni 2013 - April 2014)

Manajer asal Skotlandia ini dinilai menjadi suksesor ideal Ferguson dan mendapatkan kontrak jangka panjang selama enam tahun. Namun, setelah karier panjang selama 11 tahun di Everton, ia hanya menghabiskan 10 bulan di Old Trafford.

David Moyes membuat Manchester United untuk kali pertama gagal melangkah ke Liga Champions sejak 1995. Hal tersebut yang membuat Moyes akhirnya tidak bisa menghabiskan, bahkan setengah dari durasi kontraknya di Old Trafford.

 

3 dari 6 halaman

Louis Van Gaal (Mei 2014 - Mei 2016)

Pelatih asal Belanda yang terkenal ceplas-ceplos ini hanya mampu mempersembahkan trofi Piala FA pada musim keduanya di Old Trafford. Sementara di Premier League, Louis van Gaal hanya mengantarkan The Red Devils finis di posisi kelima.

Gaya permainan yang diterapkan Van Gaal di Manchester United banyak menuai kritik, yang terbukti dengan minimnya gol tercipta oleh The Red Devils. Hal tersebut membuat Van Gaal akhirnya dipecat dan kembali menjadi pelatih Timnas Belanda, posisi yang sama sebelum bergabung bersama Manchester United.

 

4 dari 6 halaman

Jose Mourinho (Mei 2016 - Desember 2018)

 

Manajer asal Portugal ini sebenarnya memberikan hasil yang lebih baik ketimbang manajer Manchester United lainnya. Ia memberikan dua gelar juara pada 2017, yaitu trofi Piala Liga, yang kini bernama Carabao Cup, dan trofi Liga Europa.

Mourinho juga membawa Manchester United finis di posisi runner-up pada Premier League 2017/2018. Namun, gaya sepak bola bertahan yang menjadi ciri khasnya tidak disukai oleh para penggemar.

Setelah itu muncul pula rumor dirinya bermasalah dengan Paul Pogba, yang membuat ruang ganti memanas. Jose Mourinho pun kemudian dipecat dan digantikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

 

5 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer (Desember 2018 - November 2021)

Mantan striker Manchester United ini sebenarnya berhasil membuat suasana di Old Trafford menjadi lebih baik saat ia ditunjuk sebagai caretaker, di mana ia memenangi 14 laga dari total 19 pertandingan hingga akhirnya statusnya dipermanen menjadi manajer tim.

Solskjaer kemudian membawa Manchester United finis di posisi ketiga pada Premier League 2019/2020 dan menjadi runner-up pada musim 2020/2021, di mana mereka juga melangkah ke final Liga Europa tapi kalah.

Ada kemajuan pesat yang dilakukan Solskjaer di Manchester United pada awal kariernya sebagai manajer tim di Old Trafford. Namun, kekalahan telak 0-5 dari Liverpool, 0-2 dari Manchester City, dan 1-4 dari Watford, menyudahi karier manajerial pahlawan Manchester United saat meraih treble pada 1999 itu di Old Trafford.

Sumber: Independent

6 dari 6 halaman

Posisi Manchester United di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer