Sukses


Liga Inggris: Presentase Kemenangan Manchester United di Bawah Solskjaer Ternyata Terbesar Ketiga!

Bola.com, Jakarta - Manchester United akhirnya mengumumkan telah berpisah dengan Ole Gunnar Solskjaer, Minggu (21/11/2021). Meski sebagian suporter menyambutnya dengan suka cita, Solskjaer ternyata menyimpan catatan apik dalam sejarah klub.

"Manchester United mengumumkan bahwa Ole Gunnar Solskjaer mundur dari posisinya sebagai manajer," bunyi pernyataan resmi klub.

Alih-alih bersaing meraih trofi juara Liga Inggris 2021/2022, Manchester United malah tertinggal jauh dari pesaingnya. Setan Merah terpaut 12 poin di bawah Chelsea dan untuk sementara duduk di posisi ketujuh.

Mantan gelandang United, Michael Carrick, yang juga menjadi bagian staf kepelatihan di bawah Solskjaer, ditunjuk sebagai pelatih sementara. Ia akan menangani Cristiano Ronaldo cs saat berlaga di Liga Champions menghadapi Villarreal.

"Michael Carrick akan memimpin Manchester United selama beberapa pertandingan ke depan, sampai kami menemukan manajer baru," tambah pernyataan klub.

Di balik bobroknya penampilan Manchester United di tangan Ole Gunnar Solskjaer, pelatih asal Norwegia itu ternyata menyimpan beberapa catatan apik yang tercatat di dalam buku sejarah klub per Oktober 2021. Apa saja?

2 dari 4 halaman

Statistik Solskjaer di Manchester United

Apakah memecat Solskjaer adalah solusi? Bisa jadi. Berbeda dengan musim lalu, skuat Manchester United yang sekarang sudah jauh lebih komplit. Tidak sepantasnya mereka gagal meraih kemenangan dari tim-tim berstatus medioker.

Tetapi, mengambil keputusan pemecatan sebaiknya tidak dilakukan secara gegabah. Perlu mempertimbangkan banyak aspek sebelum melakukan tindakan yang sakral ini, salah satunya adalah statistik.

Banyak yang tidak menyadari Solskjaer adalah pelatih dengan rasio kemenangan terbesar ketiga dalam sejarah the Red Devils. Menurut catatan the Sun, ia memiliki presentase kemenangan 54,88 persen dari 164 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Lima Besar

Peringkat pertama dalam daftar ini jelas Sir Alex Ferguson. Pria berkebangsaan Skotlandia itu menukangi Manchester United selama 26 tahun dan mencatatkan presentase kemenangan sebesar 59,67 persen.

Posisi kedua ditempati oleh Jose Mourinho. Meskipun kiprahnya berakhir buruk, tapi pria berkebangsaan Portugal tersebut mampu memenangkan 58,33 persen pertandingan selama melatih Manchester United.

Di bawah Solskjaer ada dua pelatih yang dipekerjakan United setelah era Sir Alex, yakni David Moyes dan Louis van Gaal. Keduanya sama-sama mencatatkan presentase kemenangan sebesar 52 persen.

Sumber: The Sun

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 26/10/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi MU Saat Ini

Video Populer

Foto Populer