Sukses


Liga Inggris : Pelangi Nasib ala Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Manchester United 'membuang' Ole Gunnar Solskjaer. Sebuah keputusan yang tak terlalu mengejutkan, terutama ketika melihat penampilan inkonsisten Cristiano Ronaldo dkk sepanjang musim ini, baik di Liga Inggris maupun Liga Champions.

Bahkan, jauh sebelum surat pemecatan datang kemarin, sinyal kepergian Ole Gunnar Solskjaer sudah terlihat. Sayang, kala itu manajemen Setan Merah enggan segera menuntaskan masa kepelatihan Ole, melainkan masih memberi waktu.

Saat itu, fluktuasi yang berlebihan membuat jantung fans dan jajaran manajemen tak tenang setiap ada pertandingan. Tanda kalau posisi Ole goyah terjadi ketika Manchester United secara mengejutkan takluk dari Aston Villa di rumah sendiri.

Banyak pertanyaan muncul, karena sepekan sebelumnya, mereka sanggup menggilas tim papan atas, West Ham United di markas lawan. Sayang, satu gol dari Kortney Hause memberi rasa malu, meski bukan malu luar biasa.

Nah, frasa 'malu luar biasa' baru terjadi tiga pekan berselang, 24 Oktober 2021. Bagaimana tidak, Manchester United babak-belur dihajar Liverpool. Bermain di rumah sendiri, Liverpool justru berpesta pora di Old Trafford.

Manchester United kalah telak, 0-5. Hasil tersebut menjadi alarm yang luar biasa, dan sekali lagi, sayangnya manajemen Carrington tak peka untuk segera menutus kontrak mantan bomber The Red Devils tersebut.

 

2 dari 3 halaman

Bukan Tanpa Sebab

Bukan tanpa sebab jika seharusnya momen kekalahan dari Liverpool menjadi ajang evaluasi besar-besaran bagi kinerja Ole Gunnar Solskjaer. Sepekan sebelum dipermalukan Liverpool, armadanya sudah dihajar habis-habisan di markas Leicester City.

Yup, Manchester United membawa pulang kekalahan 2-4 dari markas The Foxes. Namun, harapan untuk memperbaiki dalam waktu sepekan, sirna begitu saja. Kebobolan 9 gol dalam rentang sepekan menjadi horor luar biasa bagi perjalanan klub sebesar Manchester United.

Memang, pada rentang laga kontra Leicester City dan Liveprool, Manchester United sempat menangguk kemenangan. Namun, kondisi saat itu juga tak ideal. Karena, sekali lagi, mereka harus bekerja teramat keras ketika bersua Atalanta.

Gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-81 memang membuat Manchester United menang 3-2 atas Atalanta. Empat hari berselang, giliran para pecinta Manchester United di seluruh dunia justru melihat Liverpool yang berpesta pora setelah merajalela.

Hasil minor tersebut menjadi rangkaian dari ketuk palu manajemen Manchester United terkait nasib Ole. Kekalahan dari Watford akhir pekan lalu membuat 'sakaratul maut' bagi Ole di Old Trafford datang juga.

 

3 dari 3 halaman

Banyak Tak Mengira

Banyak yang tak mengira jika nasib Ole Gunnar Solskjaer akan tragis. Maklum, ketika datang dari Molde dengan sederet catatan positif, publik berharap dia akan menaikkan pamor Manchester United lagi.

Sang raksasa memang tertidur pulas dan hanya berstatus 'ancaman saja' selepas kepergian Sir Alex Ferguson. Deretan nama keren yang datang, tak sanggup menahan tekanan agar Setan Merah berjaya.

Sebenarnya, Ole Gunnar Solskjaer mengawali perjalanan dengan bagus. Tak kalah pada lima pertandingan awal di panggung Liga Inggris 2021/2022 menjadi sebuah prestasi.

Ketika beban datang, Ole Gunnar Solskjaer seolah tak sanggup berpikir lebih jauh. Satu yang sering mendapat kritik adalah formasi 'yang itu-itu saja', sehingga membuat pola permainan lebih mudah terbaca.

Hal itu terlihat ketika mereka pulang dengan kekalahan dari markas Watford. Hanya mengandalkan pergerakan Cristiano Ronaldo, alur bola bisa terjegal. Memang, mereka sempat mencetak gol via pemain yang 'disia-siakan', Donny van der Beek, tapi itu tak cukup.

Kini, publik Manchester United berharap ada sosok pelatih yang punya kapasitas kreatif tinggi. Setidaknya, sang penghuni baru kursi panas adalah orang yang punya daya imajinasi beragam, sehingga akan melihat penampilan Manchester United yang berbeda setiap pekan.

Penulis Martin Samuel mengungkapkan, situasi di Manchester United memang serba sulit sekarang. Ia menulis, seharusnya Manchester United bisa menggaet Pocchettino atau Antonio Conte, tapi justru memilih Solskjaer. "Kini, mereka tak punya bos, dan sepertinya tak ada rencana apapun," katanya.

Video Populer

Foto Populer