Sukses


Termasuk Joachim Loew, Deretan Pelatih Berstatus Pengangguran yang Bisa Diboyong Manchester United

Bola.com, Jakarta - Manchester United secara resmi memecat Ole Gunnar Solskjaer dari kursi manajer. Hasil jeblok musim ini, termasuk kekalahan telak di kendang Watford membuat Setan Merah menyudahi kerja sama dengan Solskjaer.

Selanjutnya manajemen Manchester United segera mencari pelatih baru pengganti. Untuk sementara, tim ditangani oleh caretaker Michael Carrick.

Solskjaer dipecat setelah United kalah memalukan dengan skor 1-4 dari Watford, Sabtu (20/11/2021) malam WIB. Laga pekan ke-12 Premier League itu pun bakal menjadi laga terakhir Solskjaer sebagai manajer United.

Sebelumnya, Solskjaer ditunjuk menggantikan peran Jose Mourinho pada Desember 2018. Solskjaer belum memberikan satu pun gelar juara untuk Setan Merah selama menjadi manajer.

Patut untuk dinantikan adalah sosok pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Sudah banyak kandidat yang diberitakan akan menjadi pengganti Ole, apalagi mereka yang berpedikat sedang menganggur saati ini.

Berikut ini daftar sembilan pelatih yang berpredikat pengangguran, dapat dijadikan manajer baru United sebagai pengganti Ole Gunnar Solskjaer:

2 dari 11 halaman

Joachim Loew

Setelah memimpin timnas Jerman selama 17 tahun, Joachim Low memutuskan mundur. Dia meninggalkan Die Mannschaft setelah bertarung di Euro 2020.

Ada sejumlah prestasi membanggakan yang berhasil diraih Loew besama timnas Jerman. Dia berhasil mengantarkan timnya meraih gelar Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017.

Loew juga punya pengalaman melatih di level klub. Dia sebelumnya pernah menukangi Stuttgart, Fenerbahce, Tirol Innsbruck dan Austria Wien.

3 dari 11 halaman

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde sebenarnya punya prestasi yang cukup bagus dengan Barcelona. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga dan satu gelar Copa del Rey.

Sebelum itu, Valverde juga pernah menghadirkan gelar Piala Super Spanyol bagi Athletic Bilbao. Dia juga memenangkan tiga trofi Liga Yunani dan dua Piala Yunani bersama Olympiacos.

4 dari 11 halaman

Andre Villas-Boas

Pelatih lain yang tengah menganggur adalah Andre Villas-Boas. Pria Portugal tersebut masih belum melatih sejak berpisah dengan Marseille pada 2 Februari 2021.

Villas-Boas berhasil meraih treble winners bersama Porto. Dia juga memenangkan tiga gelar saat menukangi Zenit St Petersburg.

Mantan asisten Jose Mourinho tersebut sebelumnya juga pernah menangani Chelsea dan Tottenham. Namun kiprahnya di Premier League kurang begitu sukses.

5 dari 11 halaman

Frank Lampard

Sejak berpisah dengan Chelsea pada Januari 2021, Frank Lampard belum menangani klub manapun. Dia tercatat sudah lebih dari setengah tahun menganggur.

Selama menangani Chelsea, Lampard gagal mempersembahkan trofi. Sebelum melatih di Stamford Bridge, dia juga pernah menangani Derby County.

Manajer asal Inggris tersebut belakangan ini santer dikaitkan dengan Newcastle United. Lampard juga sempat masuk daftar calon manajer Norwich, tetapi sampai saat ini dia belum mendapat klub.

6 dari 11 halaman

Sam Allardyce

Sam Allardyce adalah salah satu manajer paling berpengalaman dalam dunia sepak bola. Dia telah memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman sebagai manajer.

Allardyce telah menangani sejumlah klub Inggris termasuk Bolton Wanderers, Newcastle United, Blackburn Rovers, West Ham, Sunderland, Crystal Palace dan Everton. West Brom menjadi klub terakhirnya.

Allardyce juga sempat melatih timnas Inggris meski hanya sebentar. Pria berusia 67 tahun tersebut kerap dipercaya menangani tim yang berkutat di zona degradasi.

7 dari 11 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane sebelumnya menangani Real Madrid. Pelatih asal Prancis tersebut punya prestasi yang mentereng selama dua periode menangani klub ibu Kota Spanyol tersebut.

Selama bekerja di Santiago Bernabeu, Zidane telah mempersembahkan 11 gelar. Itu termasuk dua gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions.

Namun, Zidane memutuskan berpisah dengan Real Madrid pada akhir musim lalu. Belakangan ini, nama Zidane kerap dikaitkan dengan Manchester United.

8 dari 11 halaman

Gennarro Gattuso

Gennaro Gattuso meninggalkan Napoli pada akhir musim 2020/2021. Kontrak legenda AC Milan itu habis dan tidak diperpanjang.

Selama menangani Napoli, Gattuso berhasil menjuarai Coppa Italia 2019/2020. Namun, Napoli gagal menembus empat besar pada musim lalu sehingga Gattuso harus angkat kaki.

Gattuso sempat didekati Tottenham pada musim panas lalu. Tetapi, Gattuso akhirnya gagal berlabuh ke klub Premier League tersebut.

9 dari 11 halaman

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo dipecat Juventus karena gagal mengangkat performa Si Nyonya Tua. Dia mulai menganggur sejak Mei lalu.

Pirlo sebenarnya berhasil menyumbang trofi untuk La Vechia Signora. Dia mempersembahkan trofi Coppa Italia dan Super Coppa Italia.

Nama Pirlo santer dikaitkan dengan Barcelona belakangan ini. Dia disebut-sebut akan menggantikan Ronald Koeman di Camp Nou, tetapi Barcelona memilih Xavi.

10 dari 11 halaman

Paulo Fonseca

Paulo Fonseca sebelumnya merupakan pelatih AS Roma. Dia bekerja di Olimpico selama dua tahun sebelum digantikan Jose Mourinho.

Sebelum berlabuh di Roma, Fonseca sukses besar saat memimpin Shakhtar Donetsk. Dia meraih tiga Liga Ukraina, dua Piala Ukraina dan Piala Super Ukraina selama tiga musim beruntun.

Fonseca belum pernah bekerja di Inggris. Namun, namanya belakangan ini santer dikaitkan dengan Newcastle. Tapi, Newcastle telah menunjuk Eddie Howe sebagai manajer baru.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 21/11/2021)

11 dari 11 halaman

Yuk Tengok Posisi Manchester United di Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer