Ralf Rangnick Gabung Manchester United, Jurgen Klopp: Kabar Buruk, Pelatih Hebat Datang ke Liga Inggris

Oleh Gregah Nurikhsani pada 26 Nov 2021, 21:35 WIB
Diperbarui 26 Nov 2021, 21:35 WIB
Foto: Sempat Tolak Chelsea, Ralf Rangnick Malah Terima Pinangan Sebagai Pelatih Sementara Manchester United
Pelatih berusia 63 tahun itu tidak bisa memimpin pasukan Setan merah pada pekan ini ketika MU berhadapan dengan Chelsea. Kabarnya, dia akan menjalani debutnya bersama United pada awal Desember nanti di laga melawan Arsenal. (AFP/Robert Michael)

Bola.com, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, pada Jumat (26/11/2021) menyatakan bahwa kedatangan Ralf Rangnick ke tim rival bebuyutan Manchester United adalah kabar buruk bagi tim lain. Ia memuji kompatriotnya itu setinggi langit.

Ralf Rangnick akan mengisi pos interim manager atau pelatih sementara setelah Manchester United memecat Ole Gunnar Solskjaer Minggu akhir pekan kemarin. Kabarnya, pria asal Jerman itu akan naik pangkat jadi Direktur Teknik musim depan.

Mengetahui hal ini, rekan senegara Rangnick, yang tak lain adalah 'muridnya', Jurgen Klopp, mengatakan bahwa manajer hebat akan datang ke Liga Inggris, dan itu bukan berita baik.

"Kabar buruk, seorang pelatih hebat datang ke Liga Inggris, begitulah adanya, ke Manchester United," katanya.

"Ralf jelas merupakan manajer yang sangat berpengalaman. Dia membangun dua klub antah berantah menjadi ancaman dan kekuatan mengerikan di Jerman, yakni Hoffenheim dan Leipzig."

"Manchester United akan terorganisir di lapangan, kita harus menyadari itu, dan ini jelas bukan kabar baik bagi tim-tim di Liga Inggris," ujar Jurgen Klopp menambahkan.

2 dari 3 halaman

Pionir Gegenpressing

Foto: Sempat Tolak Chelsea, Ralf Rangnick Malah Terima Pinangan Sebagai Pelatih Sementara Manchester United
Sebelumnya pada Januari lalu, Ralf Rangnick sempat menolak tawaran dari Chelsea untuk mengisi posisi pelatih interim menggantikan Frank Lampard. (AFP/Robert Michael)

Jika Anda merasa bahwa Jurgen Klopp sebagai penemu filosofi gegenpressing, maka Anda salah. Justru Klopp berguru pada Rangnick.

Gegenpressing adalah bentuk ekstrim dari forward pressing di mana tim berusaha untuk mendapatkan kembali kepemilikan segera setelah kehilangan bola. Ini adalah sistem yang digunakan Jurgen Klopp untuk memberikan pengaruh besar di Liverpool.

Rangnick juga dikenal karena mempopulerkan zonal marking. Timnya juga dikenal memainkan sepak bola menyerang tingkat tinggi dan dia akan cocok di Manchester United.

Sumber: Sky Sports

3 dari 3 halaman

Posisi Liverpool Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓