Liga Inggris: Gabriel Martinelli Akan Jadi Senjata Arsenal Menghadapi Manchester United

Oleh Aryo Atmaja pada 29 Nov 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 19:30 WIB
Barisan Bintang Muda Dunia yang Akan Memanaskan Piala Dunia U-20 2021
6. Gabriel Martinelli (Brasil) - Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini merupakan masa depan Timnas Brasil. Meski masih muda Martinelli mampu menembus skuat The Gunners dan memperlihatkan daya saing yang bagus di lini serang. (AFP/Daniel Leal Olivas)

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris tengah pekan ini akan diwarnai duel klasik antara Manchester United kontra Arsenal. Kedua tim bersua untuk memanaskan persaingan pekan ke-14 yang akan digelar di Stadion Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB.

Arsenal cukup percaya diri dan punya modal bagus sebelum meladeni perlawanan tim Setan Merah. The Gunners Arsenal baru saja meraih poin penuh saat mengalahkan Newcastle United 2-0 di Emirates Stadium, Sabtu (21/11/2021).

Gol dari Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli sudah cukup membawa Meriam London kembali dalam jalur yang benar di Liga Inggris. Apalagi di pekan sebelumnya, anak asuh Mikel Arteta menjadi bulan-bulanan Liverpool saat kalah telak 0-4 di Anfield (21/11/2021).

Saat ini Arsenal berada di posisi kelima dengan nilai 23 poin, atau terpaut tujuh angka dari pemuncak klasemen sementara Chelsea. Arsenal juga berpeluang untuk menyulitkan Man United di laga nanti.

Satu di antara faktornya adalah kehadiran Gabriel Martinelli. Pemain asal Brasil yang bisa menjadi senjata mematikan Arsenal, setelah tampil memukau saat menghadapi Newcastle United.

 

2 dari 4 halaman

Gantikan Peran Bukayo Saka

Foto: Meski Bernilai Mahal, 5 Pemain Berikut Belum Pernah Tampil di Liga Champions, termasuk Bintang Muda Arsenal Bukayo Saka
Harga selangit belum menjamin seorang pemain dapat tampil di kasta tertinggi sepak bola Eropa, Liga Champions. Mereka tentunya juga harus memiliki klub yang layak untuk bermain di level tersebut. Seperti 5 pemain mahal berikut yang belum menemukan klub yang tepat. (AFP/IKImages/Ian Kington)

Bagi Arsenal, hadirnya Gabriel Martinelli sekaligus membawa angin segar. Terutama untuk stok pemain depan dalam memecah kebuntuan.

Di saat Pierre-Emerick Aubameyang atau Alexandre Lacazette buntu, peran pemain sayap seperti Martinelli dan Bukayo Saka sangat dibutuhkan. Buktinya kedua pemain itu menjadi pahlawan kemenengan melawan Newcastle.

 Terlebih saat ini menurut laporan Football London, Bukayo Saka diragukan tampil di markas Man United mendatang karena cedera. Ia terlihat berjalan tertatih-tatih setelah mencetak gol kontra Newcastle yag tampak mengalami cedera pinggul.

"Dia (Bukayo Saka) mengatakan merasakan sesuatu. Dia tidak nyaman untuk melanjutkan dan kami harus memastikan kembali dan mungkin memindai dia untuk melihat apakah ada cedera di sana,” ungkap pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Sementara Martineli berpeluang tampil sejak menit pertama, karena ia adalah pemain yang menggantikan Bukayo Saka di pertandingan kontra Newcastle. Bahkan Martineli langsung membuktikan diri dengan mencetak gol.

3 dari 4 halaman

Semangat Berlipat

Gol Telat Lacazette Selamatkan Arsenal dari Kekalahan Atas Crystal Palace
Penyerang Arsenal, Gabriel Martinelli mengontrol bola dari kawalan dua pemain Crystal Palace pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Selasa (19/10/2021). Arsenal bermain imbang atas Crystal Palace 2-2. (AP Photo/Alastair Grant)

Oleh pelatih asal Spanyol itu, Martinelli bakal punya peran yang mengejutkan bagi pasukan Man United di stadion yang dikenal dengan 'Theatre of Dreams'. Pemain berusia 20 tahun ini sudah tampil enam kali di ajang Liga Inggris. Adapun gol yang dicetaknya ke gawang Newcastle, menjadi catatan pertamanya musim ini.

Sejak bergabung dari klub Brasil, Ituano pada musim panas 2019, Martinelli sering dimainkan sebagai penyerang tengah atau dari sayap kiri. Ia lebih nyaman bermain dari sebelah kiri, posisi yang saat ini diduduki Emile Smith Rowe saat Arteta memainkan formasi 4-2-3-1 atau 4-4-2.

"Seperti yang selalu saya katakan, bahkan jika saya bermain dua, lima, sepuluh menit, saya selalu siap untuk bermain dan menunjukkan sesuatu kepada tim, manajer, dan para penggemar,” lanjut dia.

“Saya sangat suka bermain di ujung kiri. Itu adalah posisi favorit saya. Saya memberikan diri saya secara maksimal untuk tim. Saya selalu memberikan 100% untuk tim saya untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan,” tegas Gabriel Martinelli.

Sumber: Footbal London

4 dari 4 halaman

Lihat Peringkat Arsenal di Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓