Sukses


Liga Inggris: Termasuk Bek Liverpool, Ini 6 Pemain yang Mungkin Dilirik Ralf Rangnick di Manchester United

Bola.com, Jakarta - Pelatih sementara Manchester United, Ralf Rangnick, terkenal karena piawai dalam melihat bakat seperti Erling Haaland dan Sadio Mane sebelum mengembangkannya menjadi bintang. Ia juga pernah 'menemukan' permata lokal Inggris yang mungkin bakal diliriknya lagi.

Ralf Rangnick akan menangani Manchester United sampai akhir musim 2021/2022. Setelah itu, jika sesuai rencana, pelatih berkebangsaan Jerman tersebut akan menjadi konsultan transfer dengan jabatan Direktur Teknik.

Rangnick dipandang sebagai pelopor pembinaan Jerman dan telah digambarkan sebagai 'bapak gegenpressing' dan inovator gaya permainan proaktif yang telah memengaruhi pelatih seperti Jurgen Klopp dan Julian Nagelsmann.

Pelatih berusia 63 tahun itu tidak pernah melatih di luar sepak bola Jerman, meskipun peran terakhirnya terjadi di klub Rusia Lokomotiv Moscow.

Dalam satu dekade terakhir, Rangnick mentok hanya melatih dua musim saja dan memilih fokus membangun RB Leipzig dan Red Bull Salzburg, dengan perannya sebagai Direktur Sepak Bola. Tugasnya: memantau pemain muda potensial.

Beberapa penemuannya adalah Erling Haaland dan Sadio Mane. Banyak juga pemain bagus yang tak semujur kedua pemain tersebut.

Berikut ini adalah pemain yang pernah masuk bucket list Ralf Rangnick yang mungkin saja kembali masuk bidikan di Manchester United.

2 dari 8 halaman

Joe Gomez

Ya, bek Liverpool ini ternyata pernah hampir bergabung dengan RB Leipzig saat usianya 17 tahun! Siapa lagi kalau bukan rekomendasi dari Rangnick.

Setelah bergabung dengan Liverpool pada 2015, Gomez menghabiskan masa pinjaman dengan Carlton Athletic. Saat itulah Rangnick memasukannya dalam daftar beli.

Sayang, Liverpool tidak mau melepasnya, dan menurut beberapa media, Gomez juga belum siap untuk meninggalkan Inggris karena faktor usia.

3 dari 8 halaman

Callum Wilson

Pemain dari liga kasta rendah yang menarik perhatian Rangnick lainnya adalah Callum Wilson. Saat masih membela Coventry City di League One atau divisi tiga Liga Inggris, striker yang kini berseragam Newcastle United itu mencetak 22 gol pada musim 2013/2014.

Sayangnya, Rangnick gagal merekrut Callum Wilson karena Wilson memilih bergabung dengan AFC Bournemouth. Terlebih, harga yang ditawarkan Rangnick saat itu dinilai terlalu kecil.

4 dari 8 halaman

Ademola Lookman

Seperti halnya Gomez, Ademola Lookman adalah pemain muda internasional Inggris yang tampil impresif di Charlton Athletic. Bedanya, Rangnick berhasil memboyongnya ke RB Leipzig meski hanya berstatus pinjaman.

Sukses mencetak lima gol dari 11 laga, Lookman kemudian dipermanenkan oleh Leipzig. Ia sempat kembali ke Inggris, tepatnya di Fulham sebagai pemain pinjaman dan kini bermain untuk Leicester City.

5 dari 8 halaman

Oliver Burke

Seorang bintang pelarian di Championship bersama Nottingham Forest, RB Leipzig membayar 13 juta poundsterling untuk mengontrak pemain sayap Skotlandia, Oliver Burke, pada musim panas 2016.

Itu adalah rekor transfer untuk pemain Skotlandia dan meskipun Burke masih remaja, ia membuat dampak instan di Bundesliga dengan memberikan assist kepada Naby Keita pada debutnya sebelum mencetak gol pertamanya dalam pertandingan liga 15 hari kemudian.

Sayang, kualitasnya meredup dan kembali ke Inggris. Akankah Rangnick memboyongnya ke Manchester United mengingat Edinson Cavani dan Cristiano Ronaldo sudah berumur?

6 dari 8 halaman

Ethan Ampadu

Remaja lain yang direkrut oleh Rangnick, Ampadu, jarang tampil untuk Chelsea sebelum pindah ke Leipzig pada 2019.

Dia memainkan peran kecil dalam perjalanan mereka ke empat besar Liga Champions musim itu, tetapi hanya menikmati permainan tim utama setelahnya di Sheffield United dan sekarang, di Venezia.

Dengan 29 caps Wales dan pemain reguler di Serie A, dia adalah talenta muda lain yang Rangnick lihat potensinya sejak usia dini.

7 dari 8 halaman

Emile Smith-Rowe

Sekarang menjadi bintang di Arsenal, bakat Smith-Rowe pertama kali dipantau oleh RB Leipzig, yang mengontraknya dengan status pinjaman sebelum dia melakukan debut Liga Inggris untuk The Gunners.

Karier Smith-Rowe di Jerman terganggu oleh cedera pangkal paha yang membuatnya hanya bermain selama 28 menit yang tersebar dalam tiga penampilan sebagai pengganti.

Terlepas dari hal tersebut, melihat Smith-Rowe kini menjadi andalan Arsenal, mata elang Rangnick benar-benar terbukti canggih.

8 dari 8 halaman

Posisi MU Saat Ini

Video Populer

Foto Populer