Liga Inggris: Catatan Kekalahan Telak Manchester United di Old Trafford, Liverpool dan Tottenham Pernah Kejam

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 02 Des 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 18:45 WIB
Manchester United Vs Liverpool
Ekspresi bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (tengah) dan Bruno Fernandes (kanan) pada laga kontra Liverpool di Stadion Old Trafford, Minggu (24/10/2021). (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Manchester United akan menjamu Arsenal dalam laga pekan ke-14 Liga Inggris di Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB. Meski berstatus tim tuan rumah, The Red Devils tak punya jaminan menang.

Tak hanya karena Arsenal dalam tren yang positif, tapi Manchester United pernah beberapa kali mengalami kekalahan telak kala bermain di Old Trafford.

Manchester United pada musim ini pun belum konsisten, yang membuat manajemen klub pada akhirnya menyerah dan memecat Ole Gunnar Solskjaer.

Performa Manchester United sempat terangkat di bawah asuhan pelatih sementara Michael Carrick. Namun, kini The Red Devils punya manajer tim baru, Ralf Rangnick.

Arsenal pun datang ke Old Trafford bukan untuk pasrah. Tim asuhan Mikel Arteta yang sempat menjalani 10 laga tak terkalahkan sebelum kalah dari Liverpool, bertekad untuk memanfaatkan inkonsistensi Manchester United untuk meraih kemenangan.

Jadi Manchester United harus berhati-hati terhadap Arsenal yang bangkit dan mencari kemenangan di Old Trafford. Apalagi setelah pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu, Manchester United tercatat pernah mengalami lima kali kekalahan telak di markas sendiri.

 

2 dari 5 halaman

Dua Kali Kalah Telak dari Liverpool di Old Trafford

Foto: 7 Pemain Manchester United dengan Rapor Terburuk saat Dibantai 0-5 Liverpool di Liga Inggris, Pogba dan Maguire Jadi Juru Kunci
Liverpool ketika menang 5-0 atas Manchester United di Old Trafford pada 24 Oktober 2021. (AP/Rui Vieira)

Liverpool merupakan rival bebuyutan Manchester United yang pernah dua kali dalam kurun waktu delapan tahun terakhir mampu meraih kemenangan di Old Trafford dengan skor yang cukup telak.

Terbaru, Manchester United dibungkam dengan skor telak 0-5 oleh Liverpool pada pekan kesembilan Premier League 2021/2022.

Kala itu, Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer menurunkan tim terbaik di lini depan, tapi sedikit pincang di lini pertahanan. Luke Shaw dan Aaron Wan-Bissaka tetap ada di kedua sayap pertahanan, tapi Harry Maguire dan Victor Lindelof menjadi tandem di depan David De Gea.

Meski mengandalkan Cristiano Ronaldo, Mason Greenwwood, dan Marcus Rashford di lini depan, plus dukungan dari Bruno Fernandes dari lini kedua, Manchester United harus menerima hasil yang sangat memalukan. The Red Devils kalah telak 0-5 dari The Reds dalam laga tersebut.

Hanya dalam waktu lima menit, Liverpool sukses menceploskan bola ke dalam gawang Manchester United lewat gol yang dicetak Naby Keita. Kemudian Diogo Jota menggandakan keunggulan hingga akhirnya Mohamed Salah bermain cemerlang dengan menciptakan hattrick.

Kekalahan memalukan kedua yang dialami Manchester United kala bertemu Liverpool di Old Trafford terjadi pada 16 Maret 2014. Kala itu, The Red Devils diasuh oleh David Moyes yang menjadi pengganti Sir Alex Ferguson.

Manchester United dibuat frustrasi setelah Liverpool mendapatkan dua penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Steven Gerrard untuk membawa The Reds unggul 2-0. Rasa frustrasi The Red Devils makin besar setelah mereka harus kehilangan Nemanja Vidic yang dikartu merah wasit.

Saat laga tersisa enam menit, Liverpool menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat gol yang dicetak Luis Suarez, memaksimalkan umpan dari Daniel Sturridge. Pertandingan berakhir dan Liverpool berhasil membuat Wayne Rooney, Robin van Persie dan pemain The Red Devils lain muram.

 

3 dari 5 halaman

Tottenham Hotspur juga Pernah Bikin Malu Manchester United

Manchester United Babak Belur Dihajar Tottenham Hotspur di Old Trafford
Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, mencetak gol penalti ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (4/10/2020). Tottenham menang dengan skor 6-1. (Carl Recine/Pool via AP)

Bukan hanya Liverpool yang pernah bikin Manchester United sengsara di Old Trafford. Bahkan rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur, pernah dua kali membuat The Red Devils muram di Old Trafford.

Terbaru terjadi pada 4 Oktober 2020. Kala itu, Manchester United dicukur oleh Tottenham Hotspur dengan skor 16 pada pertandingan pekan keempat Premier League 2020/2021.

Padahal saat itu, Manchester United sempat tersenyum setelah pada menit kedua Bruno Fernandes berhasil mencetak gol lewat titik putih. Sayangnya, senyum di wajah para pemain Manchester United tidak berlangsung lama.

Tottenham Hotspur langsung menyamakan kedudukan dalam waktu dua menit berselang, bahkan berbalik unggul dalam selang lima menit setelah Bruno mencetak gol penaltinya. Tanguy Ndombele dan Son Heung-min membawa Tottenham berbalik unggul lewat gol pada menit keempat dan ketujuh.

Tottenham membuat hidup Manchester United makin berantakan setelah Son Heung-min membantu Harry Kane menetak gol ketiga timnya pada menit ke-30. Tujuh menit kemudian, Son Heung-min sendiri yang sukses mencetak gol keduanya dalam laga tersebut.

Berhasil unggul 4-1 pada babak pertama, Tottenham Hotspur belum selesai menghukum Manchester United. Serge Aurier dan Harry Kane menambah lagi pundi-pundi gol Tottenham pada menit ke-51 dan 79'. Manchester United pun harus tertunduk malu karena kalah 1-6 di Old Trafford.

Kekalahan telak dari Tottenham di Old Trafford juga pernah dialami Manchester United pada 28 Oktober 2018, yaitu pada laga pekan ketiga Premier League 2018/2019. Kala itu, Manchester United kalah telak 0-3 dari Spurs.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada 45 menit pertama, Spurs berhasil membuka keunggulan lewat gol Harry Kane pada menit ke-50. Dua menit berselang, Lucas Moura menggandakan keunggulan Spurs.

Lucas Moura kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-84 dan membawa Spurs menang telak 3-0 atas Manchester United di Old Trafford.

 

4 dari 5 halaman

Jangan Lupakan Manchester City

Kalau berbicara kekalahan telak dimulai dari 0-3, maka jangan lupakan pula kekalahan memalukan Manchester United dari rival sekotanya, Manchester City, di Old Trafford pada 26 Maret 2014, hanya dua pekan setelah kekalahan telak 0-3 dari Liverpool.

Hanya dalam waktu satu menit, gawang David de Gea langsung bobol oleh Edin Dzeko dalam pertandingan tersebut. Striker Manchester City itu kemudian berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-56, memaksimalkan umpan dari Samir Nasri.

Pada menit akhir pertandingan, Manchester United dibuat kembali muram. Yaya Toure sukses mencetak gol untuk membawa Manchester City menang 3-0 di Old Trafford pada malam itu.

Sumber: Statistik Soccerway

5 dari 5 halaman

Posisi Manchester United di Premier League Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓