Liga Inggris: Alasan Gol Aneh Emile Smith-Rowe Disahkan Padahal De Gea Jatuh Terkapar di Laga Manchester United Vs Arsenal

Oleh Yus Mei Sawitri pada 03 Des 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 03 Des 2021, 10:35 WIB
Foto: Kado Perpisahan Cristiano Ronaldo untuk Michael Carrick saat Manchester United Libas Arsenal di Liga Inggris
Arsenal langsung menekan Manchester United di menit-menit awal. Kerja sama Emile Smith-Rowe dan Pierre-Emerick Aubameyang sempat membuat pertahanan Setan Merah ketar-ketir. (AP/Dave Thompson)

Bola.com, Manchester - Momen kontroversial menghiasi laga Liga Inggris antara Manchester United kontra Arsenal di Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB. Arsenal mencetak gol sangat aneh ke gawang MU melalui Emile Smith Rowe ada menit ke-13.  

Emile Smith Rowe mencetak gol melalui tendangan voli yang membuat Arsenal unggul. Para pemain Manchester United marah gol tersebut disahkan karena gol terjadi ketika kiper Setan Merah, David De Gea, terkapar di bawah mistar. 

Namun, wasit tetap Sa mengesahkan gol tersebut. Apa alasannya? 

Mantan wasit ternama yang pernah bertugas di Liga Inggris, Mark Clattenburg, menjelaskan tentang kebingungan yang mengiringi gol tersebut. Dia berbicara di Amazon Prime untuk menjelaskan insiden aneh itu.

Ternyata, alasan gol itu tetap disahkan karena David De Gea terjatuh akibat kesalahan rekan setimnya sendiri di Manchester United, Fred. 

 

2 dari 4 halaman

Gara-gara Pelanggaran Dilakukan Fred

Foto: Kado Perpisahan Cristiano Ronaldo untuk Michael Carrick saat Manchester United Libas Arsenal di Liga Inggris
Para pemain Manchester United memprotes gol tersebut. Emile Smith-Rowe dinilai tidak sportif karena mencetak gol saat David De Gea terkapar usai terinjak Fred. Melalui rekaman VAR, wasit Martin Atkinson tetap mensahkan gol tersebut. (AP/Dave Thompson)

"Markin Atkinson mengesahkan gol tersebut karena Fred tak sengaja menginjak kaki De Gea. Jadi itu bukan karena pelanggaran pemain Arsenal," ujar Clattenburg, seperti dikutip The Sun

"Dia tidak meniup peluit, makanya gol itu disahkan," imbuhnya. 

Manchester United cukup beruntung akhirnya bisa menutup laga tersebut dengan kemenangan 3-2. Satu gol Arsenal lainnya dicetak Martin Odegaard pada menit ke-54. 

Adapun tiga gol Setan Merah masing-masing disumbangkan Bruno Fernandes, dan dua dari Cristiano Ronaldo. 

 

3 dari 4 halaman

Komentar Michael Carrick

Foto: Kado Perpisahan Cristiano Ronaldo untuk Michael Carrick saat Manchester United Libas Arsenal di Liga Inggris
Skor 3-2 bertahan hingga laga usai. Michael Carrick pun sukses mempersembahkan kemenangan di laga ketiga dan terakhirnya sebagai caretaker yang akan segera digantikan Ralf Rangnick. (AFP/Oli Scarff)

 

Selepas laga, manajer interim Manchester United, Michael Carrick, menyebut gol Emile Smith Rowe itu sangat aneh. Namun, dia bersyukur MU berhasil memetik kemenangan. 

"Setidaknya saya tidak perlu berbicara banyak tentang gol Arsenal, karena itu bisa memakan waktu semalam suntuk," ujar Carrick. 

"Jika itu gol kemenangan maka perbincangannya bakal berbeda. Golnya sangat aneh," imbuh Carrick, yang langsung mengumumkan pengunduran diri dari Manchester United seteah laga kontra Arsenal. 

Sumber: The Sun 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Manchester United

Lanjutkan Membaca ↓