Liga Inggris: Saul Niguez Perlu Ganti Peran Jika Masih Ingin Bertahan di Chelsea

Oleh Aryo Atmaja pada 04 Des 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 04 Des 2021, 19:45 WIB
Foto: 5 Pemain Chelsea yang Jarang Dimainkan oleh Thomas Tuchel Musim Ini
Saul Niguez - Pemain pinjaman dari Atletico Madrid ini gagal bersaing dengan nama-nama besar seperti Kante dan Jorginho di lini tengah Chelsea. Saul baru memainkan lima laga bersama Chelsea dengan torehan waktu hanya 238 menit bermain. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta - Masa depan penggawa Chelsea asal Spanyol, Saul Niguez masih dalam tanda tanya besar. Mengingat performanya masih tak kunjung memuaskan. Tidak menutup kemungkinan dirinya tidak akan dipermanenkan oleh The Blues (julukan Chelsea).

Sejauh ini, Saul Niguez baru bermain sebanyak lima kali bersama Chelsea di seluruh kompetisi, dan belum sekalipun mencetak gol. Hal ini membuat situasinya semakin sulit di Stamford Bridge.

Saul Niguez diboyong Chelsea dengan status pinjaman selama semusim pada 31 Agustus 2021. Dalam kesepakatan peminjaman, terdapat klausul untuk melakukan pembelian secara permanen pada akhir musim.

Namun, Chelsea disebut tak akan melanjutkan proses tersebut karena penampilan melempem Saul Niguez. Sejauh ini, pemain asal Spanyol hanya bermain selama 346 menit dalam enam pertandingan.

Chelsea diyakini akan memulangkan Saul Niguez ke Atletico Madrid begitu masa pinjamannya berakhir. Bahkan, The Blues tak segan-segan memulangkan Saul Niguez lebih cepat bila tak ada perubahan dalam penampilannya di lapangan.

Manajer Chelsea, Thomas Tuchel disebut sudah punya alternatif pengganti Saul Niguez di lini tengah. Namun kini muncul wacana agar Saul dimainkan sebagai wingback agar mendapatkan menit bermain.

 

2 dari 4 halaman

Jadi Bek Sayap?

Foto: 5 Pemain Top yang Belum Cetak Satu Gol pun Musim Ini, Termasuk Lionel Messi dan Jadon Sancho
Saul Niguez. Baru diturunkan dua kali oleh Thomas Tuchel bersama Chelsea di Liga Inggris dan ajang Piala Liga saat jumpa lawan yang sama, Aston Villa. Belum ada gol yang dicetaknya dalam dua laga tersebut. Masalah adaptasi menjadi kendala pemain pinjaman dari Atletico Madrid ini. (AP/Frank Augstein)

Saul Niguez baru tiga kali dimainkan di Premier League. Dia tidak pernah bermain penuh. Tuchel sempat berujar bahwa Saul butuh adaptasi dengan gaya bermain Premier League dan meningkatkan kemampuan fisiknya.

Saul kesulitan bersaing untuk posisi gelandang. Kini, muncul wacana agar Saul dimainkan sebagai wingback. Dia pernah memainkan peran itu di Atletico dan Chelsea butuh wingback karena Ben Chilwell cedera.

"Dia masih beradaptasi dan dia mendapat kartu kuning awal dan agak malu untuk bermain all-in, saat duel. Karena itu kami sedikit kekurangan fisik karena dia tidak ingin mengambil risiko kartu merah," ucap Tuchel.

"Saya pikir dia bisa bermain sebagai bek sayap untuk kami. Bahkan jika kami bermain di permainan yang dominan, permainan ofensif karena dia sangat kuat dalam tiba di kotak lawan," imbuh Tuchel.

3 dari 4 halaman

Pemain Serep

Foto: Belum Nyetel, Ini 5 Pemain dengan Penampilan Buruk saat Debut Bersama Klub Baru Musim Ini
Saul Niguez resmi dipinjamkan ke Chelsea dari Atletico Madrid. Ini merupakan kali pertama dirinya merasakan bermain di rumput hijau Liga Inggris. Ia akan dipinjamkan sampai Juni 2022. (AFP/Adrian Dennis)

Seperti yang sudah dibahas, Tuchel punya masalah di posisi bek kiri dengan cederanya Chilwell. Tuchel masih punya Marcos Alonso. Tapi, dengan jadwal padat yang ada, Saul akan jadi opsi untuk peran wingback.

"Saul sangat kuat dalam penyelesaian, ia memiliki waktu yang baik untuk tiba di pos kedua untuk sundulan," ucapnya.

"Saul kadang melakukannya pada sesi latihan dan itulah mengapa saya pikir dia akan cocok. Mungkin pada laga selanjutnya kami akan mencoba karena Chilwell absen lama dan tidak mungkin hanya mengandalkan Alonson," tegas Tuchel.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 4/12/2021)

4 dari 4 halaman

Intip Peringkat Chelsea di Premier League

Lanjutkan Membaca ↓