Sukses


Chelsea Dikalahkan West Ham di Liga Inggris, Thomas Tuchel: Kami Tidak Buruk, tapi Terlalu Banyak Lakukan Kesalahan

Bola.com, Jakarta - Tuan rumah, West Ham United secara mengejutkan mengalahkan Chelsea dengan skor 3-2 pada laga lanjutan Liga Inggris 2021/2022 hari Sabtu (04/12/2021) malam WIB.

West Ham dua kali tertinggal lebih dahulu pada laga ini tapi selalu bisa menyamakan kedudukan dan akhirnya menang berkat gol Arthur Masuaku pada akhir babak kedua.

Usai laga, Manajer Chelsea, Thomas Tuchel menyebut performa anak asuhnya sejatinya tidak buruk. Hanya saja menurutnya Thiago Silva dan kawan-kawan terlalu banyak melakukan kesalahan individu.

"Saya tidak berpikir kami melakukan pertandingan yang buruk, kami bahkan bisa menang dengan penampilan ini," kata Tuchel saat diwawancara BT Sport.

"Sulit untuk bermain di sini, kami melakukan terlalu banyak kesalahan individu, kami sudah melakukannya melawan Manchester United dan Watford dan mendapat hukuman."

"Jika Anda menginginkan hasil di level ini, Anda harus meminimalkan kesalahan. Kami sudah membicarakannya sebelumnya, tapi jelas tidak banyak membantu," lanjutnya.

 

2 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Meski berstatus sebagai tim tamu, Chelsea tampil dominan sejak awal laga. Mereka langsung menekan tuan rumah sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Namun West Ham bermain dengan disiplin di laga ini. Sehingga serangan-serangan Chelsea tidak maksimal di laga ini.

Chelsea baru bisa membuka keunggulan di menit 28. Berawal dari sepak pojok Mason Mount, Thiago Silva menyundul bola yang memantul masuk ke gawang West Ham. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan The Blues.

West Ham tidak tinggal diam dalam posisi tertinggal. Mereka mencoba menekan Chelsea yang saat itu mendominasi penguasaan bola.

Di menit 40, West Ham mendapatkan rejeki. Diawali backpass Jorginho, Jarred Bowen mengejar bola dan melakukan pressing terhadap Mendy.

Ketika sang kiper mau menghalau bola, ia menjatuhkan Bowen di kotan terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Manuel Lanzini yang ditunjuk jadi eksekutor sukses melakukan tugasnya dengan baik. Sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Chelsea langsung memberikan respon cepat atas gol itu. Satu menit jelang bubaran babak pertama, The Blues kembali unggul setelah tendangan voli Mason Mount memanfaatkan umpan Hakim Ziyech gagal dihalau oleh Fabianski. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Pada jeda pertandingan kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Ben Johnson ditarik dan digantikan Arthur Masuaku. Sementara Tuchel menarik Kai Havertz dan menggantikannya dengan Romelu Lukaku.

Di awal babak kedua ini, situasinya tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Chelsea mendominasi penguasaan bola, sementara West Ham mengandalkan serangan balik untuk mengancam gawang Chelsea.

Baru 10 menit babak kedua berjalan, West Ham sukses menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan pendek Coufal, bola diterima Jared Bowen yang melepaskan tembakan mendatar yang gagal dihalau Mendy. Kedudukan menjadi imbang 2-2.

Gol itu tidak banyak mengubah jalannya pertandingan. Chelsea yang tampil dominan dalam penguasaan bola sulit menembus pertahanan rapat tuan rumah.

Sulit menembus pertahanan West Ham, Tuchel membuat dua pergantian pemain. Hakim Ziyech dan Marcos Alonso ditarik keluar dan digantikan Callum Hudson-Odoi dan Christian Pulisic. Sementara di kubu West Ham, David Moyes memasukkan Pablo Fornals untuk menggantikan Kurt Zouma yang mengalami cedera.

West Ham yang meningkatkan intensitas serangan mereka sukses membuat kejutan menjelang akhir laga. Mendapatkan umpan lemparan ke dalam, Arthur Masuaku yang melepaskan umpan silang, bola malah bergerak ke dalam gawang Chelsea. Skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan tuan rumah.

Jual beli serangan terus terjadi. Namun skor 3-2 menutup jalannya pertandingan di London Stadium ini.

Berkat hasil ini Chelsea masih tetap berada di peringkat satu klasemen sementara EPL. Namun mereka berpotensi digusur Manchester City dan Liverpool. Sementara West Ham kian memantapkan posisi mereka di peringkat empat klasemen sementara.

Sumber: BT Sport 

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Chelsea Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer