Liga Inggris: Klaim Arsenal Punya Pengganti Alexis Sanchez dan Mesut Ozil, Mikel Arteta Optimistis 4 Besar

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Des 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 22:00 WIB
Arsenal - Mikel Arteta
Arsenal - Mikel Arteta (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, London - Arsenal kini dalam tren yang positif untuk bisa kembali ke papan atas Premier League dan memperbesar peluang untuk mengakhiri puasa tampil di Liga Champions. Bahkan sang manajer, Mikel Arteta, menegaskan timnya sudah memiliki pengganti peran Mesut Ozil dan Alexis Sanchez yang bakal membawa The Gunners bersaing di papan atas.

Arsenal sempat menjalani 10 pertandingan tanpa terkalahkan hingga akhirnya mereka gagal mendapatkan poin di Anfield saat menghadapi Liverpool. Sempat bangkit dan menang saat menghadapi Newcastle United, Arsenal kembali kalah saat bertandang ke Old Trafford untuk menghadapi Manchester United.

Kendati demikian, Arsenal secara perlahan mulai kembali merangkak naik ke papan atas klasemen Premier League. Arsenal sempat berada di posisi keenam, sebelum Manchester United meraih kemenangan 1-0 atas Crystal Palace pada Minggu (5/12/2021).

Namun, The Gunners masih bisa kembali ke posisi tersebut seandainya meraih kemenangan atas Everton saat bertandang ke Goodison Park pada Selasa (7/12/2021) dini hari WIB.

Jika bisa menang atas Everton, Arsenal akan melangkahi Manchester United dan rival sekota mereka, Tottenham Hotspur, dan hanya terpaut satu poin di belakang West Ham United.

Satu hal yang pasti, keberadaan Arsenal di posisinya saat ini memperlihatkan bahwa klub London utara itu memperlihatkan perkembangan yang bagus pada musim ini, di mana dalam dua musim terakhir Arsenal selalu terdepak dari big six karena harus finis di posisi kedelapan, finis di belakang Leicester City dan West Ham United.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Emile Smith Rowe, Solusi Kreativitas The Gunners

Foto: Bukayo Saka Cetak Asisst dan Gol, Arsenal Kembali ke Jalan yang Benar
Gelandang Arsenal, Emile Smith Rowe. (AP/Frank Augstein)

Mikel Arteta punya kepercayaan diri saat ini. Apalagi manajer asal Spanyol tersebut kini merasa sudah memiliki pemain yang diandalkan dalam situasi genting, seperti halnya yang pernah dilakukan Alexis Sanchez dan Mesut Ozil beberapa musim lalu.

Perkembangan menarik dari Arsenal ini tak lepas dari peran dua jebolan akademi klub mereka, Emile Smith Rowe dan Bukayo Saka.

Dari studi yang dilakukan observor sepak bola CIES, kedua pemain muda Arsenal itu masuk dalam pemain paling berharga di dunia, di mana Smith Rowe bernilai lebih dari 90 juta euro dan Saka mencapai lebih dari 1000 juta euro.

Emile Smith Rowe yang baru berusia 21 tahun saat ini dianggap sebagai pemain terbaik yang dimiliki Arsenal pada musim ini. Ia sudah mencetak enam gol dan dua assist di semua kompetisi.

Ia dianggap mirip dengan Mesut Ozil yang menjadi tumpuan dari kreativitas Arsenal ketika Arsene Wenger menjalani beberapa musim terakhir dalam kariernya sebagai manajer The Gunners.

 

3 dari 4 halaman

Bukayo Saka Penerus Alexis Sanchez

Foto: Meski Bernilai Mahal, 5 Pemain Berikut Belum Pernah Tampil di Liga Champions, termasuk Bintang Muda Arsenal Bukayo Saka
Pemain Arsenal, Bukayo Saka. (AFP/Tolga Akmen)

Begitu pun dengan Bukayo Saka, yang telah memenangkan penghargaan pemain terbaik Arsenal karena performanya apiknya pada musim 2020/2021. Ia sempat menyebut ingin bisa mencapai konsistensi yang pernah diperlihatkan penyerang asal Chile di Arsenal, Alexis Sanchez.

Mantan penyerang Arsenal itu memang kerap berinisiatif untuk menyelamatkan timnya dengan gol-gol pada menit akhir demi meraih tiga poin.

Para penggemar The Gunners sering mengklaim Sanchez yang pernah membela Barcelona itu terkadang mampu bekerja sendiri untuk membawa klub meraih kemenangan.

Sayangnya, Sanchez akhirnya meninggalkan Emirates Stadium setelah The Gunners kesulitan menembus empat besar Premier League.

Kini Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe punya beban untuk bisa menyamai torehan dua mantan pemain The Gunners itu demi bisa mengangkat kembali prestasi klub.

Sumber: Football London

4 dari 4 halaman

Posisi Arsenal di Premier League Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓