Nasib Buruk Arsenal pada Awal Bulan Desember 2021 di Liga Inggris : Kalah Kok Back to Back, Disalip Manchester United

Oleh Nurfahmi Budi pada 07 Des 2021, 06:29 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 06:29 WIB
Foto: 4 Jebolan Liga Inggris yang Kini Berstatus Sebagai Pelatih
Mikel Arteta - Pria asal Spanyol ini telah malang melintang sebagai pemain di klub besar Eropa termasuk PSG, Arsenal hingga Barcelona. Sejak pensiun tahun 2016, Arteta telah memutuskan berkarier sebagai juru taktik. Kini ia menukangi mantan klubnya Arsenal sejak Desember 2019. (AFP/Tolga Akmen)

Bola.com, Jakarta - Wajah murung Mikel Arteta usai pertandingan kontra Everton, dini hari tadi WIB, seolah mewakili 'kedalaman hati' fans Arsenal di seluruh dunia. Tak banyak yang bisa dilakukan keluarga besar The Gunners ketika melihat gawang tim kesayangan mereka kebobolan lagi pada dua menit injury time babak kedua.

Fakta gol Demaray Gray tersebut membuat Arsenal harus pulang dari Merseyside dengan rasa tak bangga. Itu pula komentar dari Mikel Arteta, Pelatih Arsenal. "Secara keseluruhan kecewa. Pada babak pertama kami benar-benar tak konsisten, terutama ketika menguasai bola. Saya tak suka itu, dan sungguh, tak ada penetrasi yang berarti," sebutnya.

Sebuah ungkapan kekecewaan yang sesuai kondisi di lapangan. Unggul di pengujung babak pertama via Martin Odegaard, Everton membalas dua gol usai rehat. Gol penyama skor datang dari Richarlison pada menit ke-79, sebelum aksi Gray membuat patah hati fans Arsena.

Bagi Arsenal, awal Desember 2021 menjadi penghuni awan kelabu. Bagaimana tidak, mereka terjungkal dua kali dalam rentang tak sampai sepekan. Sebelum berkalang malu di Goodison Park, dini hari tadi WIB, mereka sudah tak berdaya di Old Trafford.

 

2 dari 2 halaman

Posisi Terancam

Everton Vs Arsenal
Arsenal menelan kekalahan 1-2 dari Everton pada laga pekan ke-15 Premier League di Goodison Park, Selasa (7/12/2021) dini hari WIB. (AFP/Paul Ellis)

Yup, tengah pekan kemarin Arsenal takluk ketika melawat ke markas Manchester United, juga dengan skor tipi, 2-3. Situasi di Manchester United itu pula yang membuat Mikel Arteta merotasi pemain.

Arteta mengistirahatkan empat pemain yang berlaga di Old Trafford dengan memasukkan Bukayo Saka, Granit Xhaka, Tierney dan Alexandre Lacazette. Sayang, hasil akhir tetap tak maksimal karena berujung kehilangan poin.

Oleh karena itu, kini Arsenal sedang berada dalam zona tak nyaman. Tiga kekalahan dari empat laga terakhir sungguh kontras dengan performa mereka sebelumnya, yakni delapan pertandingan tak pernah kalah. "Pada babak kedua kami mencoba melakukan banyak hal, punya empat kesempatan emas, tapi justru kebobolan," ucap Arteta.

Hasil buruk ini membuat posisi Arsenal disalip Manchester United. Kini, armada Emirates Stadium nangkring di posisi ke-7 dengan 23 poin, kalah satu poin dari Manchester United.

Lanjutkan Membaca ↓