Liga Inggris: City Bersiap Menikung Manchester United, Bidik Erik ten Hag untuk Gantikan Pep Guardiola

Oleh Wiwig Prayugi pada 08 Des 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 13:15 WIB
Erik ten Hag
Ajax tak mengizinkan pelatih Erik ten Hag untuk hengkang pada musim panas 2019. (AFP/John Thys)

Bola.com, Jakarta - Manchester City dikabarkan akan menyabotase rencana Manchester United untuk menjadikan pelatih Ajax, Erik ten Hag sebagai manajer.

Erik ten Hag pada Rabu (8/12/2021), dilaporkan masuk dalam daftar rencana manajerial Manchester City untuk menggantikan Pep Guardiola ketika kontraknya di Stadion Etihad berakhir.

Guardiola, yang melatih The Citizens sejak 2016, berniat meninggalkan klub saat kontraknya berakhir pada Juni 2023.

Menurut Daily Telegraph, Manchester City telah mengidentifikasi Ten Hag sebagai kandidat potensial untuk menggantikan manajer asal Spanyol itu dalam waktu 18 bulan.

Ten Hag telah banyak dikaitkan dengan kepindahan ke rival sekota Manchester United, yang mencari manajer permanen untuk menggantikan Ralf Rangnick pada musim panas mendatang.

Pelatih berusia 51 tahun itu diyakini terbuka untuk pindah ke Manchester United. Ajax juga tidak akan menghalangi pemain asal Belanda itu jika dia memutuskan untuk pindah ke Liga Inggris.

Guardiola telah memenangkan 10 trofi utama sebagai manajer Manchester City. Ten Hag telah memenangkan lima trofi bersama Ajax, termasuk gelar Eredivisie dan Piala KNVB musim lalu. 

Foto: Berkat Polesan Erik ten Hag, 5 Pemain Ajax yang Bersinar pada Musim Ini
Kunci dibalik penampilan impresif Ajax Amsterdam adalah pelatih mereka, Erik ten Hag. Pria asal Belanda tersebut mampu memoles talenta-talenta pemainnya agar mampu tampil impresif. Berikut 5 pemain Ajax yang bersinar di bawah asuahn Erik ten Hag pada musim ini. (AFP/ANP/Remko De Waal)

 

Bulan lalu, Ten Hag menegaskan masih menghormati Ajax dan baru akan pergi jika tak lagi dibutuhkan. Saat itu, United sedang membutuhkan manajer baru.

Manchester United pada akhirnya menunjuk Ralf Rangnick sebagai pelatih sementara, namun musim depan, ia akan naik pangkat menjadi konsultan tim sehingga manajemen bakal mencari manajer baru.

"Saya pikir saya siap untuk pindah ke klub asing papan atas. Saya akan senang menerima tantangan itu," kata Ten Hag kepada de Volkskrant.

2 dari 3 halaman

Jejak Erik ten Hag

Foto: 5 Juru Taktik yang Bisa-Bisanya Menolak Kesempatan Melatih Manchester United
Erik ten Hag - Kiprah pelatih asal Belanda ini bersama Ajax Amsterdam memang mengesankan dan sangat layak untuk melatih klub sebesar Manchester United. Namun Erik ten Hag menyatakan masih belum tertarik menjadi pelatih MU untuk saat ini lantaran masih fokus melatih Ajax. (AFP/Peter Byrne)

Erik ten Hag telah melatih Ajax sejak 2017. Performa terbaiknya adalah membawa raksasa Eredivisie Belanda itu ke semifinal Liga Champions 2019.

Ia juga berhasil membangun kembali skuad setelah kehilangan banyak pemain kuncinya dan sekali lagi membuat Ajax menjadi tim yang disegani di Eropa.

Tak heran, sukses tersebut membuat Erik ten Hag diisukan dengan banyak klub kuat Benua Biru, satu di antaranya Manchester United.

3 dari 3 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Lanjutkan Membaca ↓