Sukses


10 Pebalap Terbaik di MotoGP 2015

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP 2015 telah berakhir. Banyak yang berdebat soal siapa pebalap terbaik di MotoGP 2015. Apakah  Jorge Lorenzo dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP 2015, namun mayoritas publik penikmat MotoGP menilai Valentino Rossi menjadi sosok rider terbaik.

Jika melihat aksi Rossi dan Lorenzo di sepanjang seri MotoGP 2015, dua pebalap Movistar ini layak disebut sebagai yang terbaik. Sepanjang musim lalu, The Doctor dan X-Fuera sama-sama menunjukkan kemampuan luar biasa yang mereka miliki.

Bukti lain adalah persaingan sengit keduanya menuju gelar juara dunia. Meski diwarnai kontroversi, pertarungan antara Rossi dengan Lorenzo memperlihatkan keduanya memang yang terbaik.

Lantas pebalap mana lagi yang telah tampil memukai sepanjang musim 2015?

Berikut 10 pebalap terbaik di MotoGP 2015 versi Motorsport:

10. Hector Barbera (Avintia Ducati)

Penampilan Hector Barbera sepanjang musim 2015 terbilang konsisten. Pebalap asal Spanyol ini hanya sekali gagal melewati garis finis. Pencapaian terbaiknya adalah finis ke-9 di MotoGP Jepang.

9. Andrea Dovizioso (Ducati MotoGP)

Pebalap Italia ini mengawali musim balap MotoGP 2015 cukup baik. Di tiga balapan awal, Andrea Dovizioso mampu finis di posisi kedua. Namun, pasca-mengalami kecelakaan di MotoGP Italia, penampilannya menurun. Dovizioso hanya mampu sekali meraih podium ketiga di 12 balapan sisa setelah MotoGP Italia.

8. Danilo Petrucci (Pramac Ducati)

Pebalap yang tampil cukup mengejutkan. Danilo Petrucci sebenarnya tak terlalu dperhitungkan. Namun, dia mampu mejawabnya dengan penampilan konsisten. Dia hanya dua kali gagal finis di 12 Besar. Itu pun karena pria berusia 25 tahun ini mengalami kecelakaan. Di akhir klasemen, pebalap Italia tersebut berada di posisi ke-10 dengan 113 poin.

7. Maverick Vinales (Suzuki Ecstar)

Pertama kali terjun ke MotoGP membuat Maverick Vinales sempat gugup. Namun perlahan, pebalap Spanyol ini menemukan ritmenya. Dia mampu bersaing dengan pebalap kawakan macam Nicky Hayden, Cal Crutchlow dan Aleix Espargaro. Bukti kehebatan Vinales adalah titel Rookie of The Year 2015 yang disematkan FIM kepadanya.

6. Bradley Smith (Tech 3 Yamaha)

Performa Bradley Smith di MotoGP dari tahun ke tahun terus membaik. Setelah di dua musim sebelumnya menempati posisi ke-10 dan 8 pada klasemen akhir, kini pebalap Inggris itu mampu menuntaskan musim balap MotoGP 2015 di peringkat keenam. Hasil itu diraih berkat penampilan konsistennya sepanjang musim lalu. Statistik mencatat, Smith selalu finis di posisi 10 Besar pada setiap seri.

2 dari 2 halaman

Posisi 5-1

5. Andrea Iannone (Ducati MotoGP)

Publik tak ragu lagi menyebut Andrea Iannone sebagai pebalap yang paling berkembang di MotoGP 2015. Pebalap Ducati ini kerap merusak dominasi Movistar Yamaha dan Repsol Honda di barisan depan. Dia sukses naik ke podium di tiga seri, yaitu MotoGP Qatar, MotoGP Italia dan MotoGP Australia. Sayang, pada empat seri terakhir, Iannone mengalami kecelakaan tiga kali.

4. Dani Pedrosa (Repsol Honda)

Pebalap Spanyol ini hampir saja melepas helmnya di awal musim balap MotoGP 2015. Harus absen di tiga seri awal karena naik meja operasi, Dani Pedrosa tetap mampu bangkit. Dari 18 seri balap yang digelar di musim 2015, dia sukses menjadi juara di MotoGP Jepang dan MotoGP Malaysia.

3. Marc Marquez (Repsol Honda)

Diprediksi bakal mempertahankan gelar juara dunianya, performa pebalap asal Spanyol ini justru jeblok lantaran tidak cocok dengan setelan motornya. Akibatnya, di beberapa seri, Marc Marquez gagal finis karena terjatuh. Padahal, jika menilik kecepatan motor Honda, The Baby Alien sebenarnya masih mampu menjadi pesaing Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha)

Banyak yang berdebat siapa pebalap terbaik di MotoGP 2015. Sebagian besar pencinta MotoGP menyebut nama Valentino Rossi. Meski tak lagi muda, pebalap Italia berusia 36 tahun ini mampu bersaing dengan pebalap yang lebih muda seperti Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Bahkan The Doctor hampir menjadi juara dunia andai kontroversi tak terjadi di beberapa balapan terakhir.

1. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha)

Entah karena kontroversi atau bukan, Jorge Lorenzo sukses menyandang status Juara Dunia MotoGP 2015. Berdasarkan statistik yang dirilis sejumlah media, pebalap asal Spanyol ini memang layak mendapatkan gelar tersebut. X-Fuera menjadi pebalap yang paling banyak naik ke podium juara. Prestasinya sedikit ternoda dengan insiden kecelakaan di balapan MotoGP San Marino.

Klasemen Akhir MotoGP 2015
Posisi
Pebalap
Kendaraan
Negara
Poin
1
Jorge Lorenzo
Yamaha
Spanyol
330
2
Valentino Rossi
Yamaha
Italia
325
3
Marc Marquez
Honda
Spanyol
242
4
Dani Pedrosa
Honda
Spanyol
206
5
Andrea Iannone
Ducati
Italia
188
6
Bradley Smith
Yamaha
Inggris Raya
181
7
Andrea Dovizioso
Ducati
Italia
162
8
Cal Cructhlow
Honda
Inggris Raya
125
9
Pol Espargaro
Yamaha
Spanyol
114
10
Danilo Petrucci
Ducati
Italia
113
11
Aleix Espargaro
Suzuki
Spanyol
105
12
Maverick Vinales
Suzuki
Spanyol
97
13
Scott Redding
Honda
Inggris Raya
84
14
Yonny Hernandez
Ducati
Kolombia
56
15
Hector Barbera
Ducati
Spanyol
33
16
Alvaro Bautista
Aprilia
Spanyol
31
17
Loris Baz
Yamaha Forward
Prancis
28
18
Stefan Bradl
Aprilia
Jerman
17
19
Jack Miller
Honda
Australia
17
20
Nicky Hayden
Honda
Amerika Serikat
16
21
Michele Pirro
Ducati
Italia
12
22
Eugene Laverty
Honda
Irlandia Utara
9
23
Katsuyuki Nakasuga
Yamaha
Jepang
8
24
Mike Di Meglio
Ducati
Prancis
8
25
Hiroshi Aoyama
Honda
Jepang
5
26
Takumi Takahashi
Honda
Jepang
4
27
Toni Elias
Yamaha Forward
Spanyol
2
28
Alex De Angelis
ART
San Marino
2

Video Populer

Foto Populer