Kawasaki Inginkan Perubahan Aturan di MotoGP

Oleh Imelia Pebreyanti pada 04 Des 2015, 14:00 WIB
Diperbarui 04 Des 2015, 14:00 WIB
Kawasaki MotoGP
Kawasaki tidak akan kembali berkiprah di MotoGp jika sejumlah aturan masih belum diperbaiki. (Crash)

Bola.com, Tokyo - Bos Kawasaki WSBK, Ichiro Yoda, tidak menutup peluang untuk membawa timnya kembali berkiprah di ajang MotoGP. Namun, hal tersebut hanya akan terjadi bila Dorna bersedia mengubah sejumlah regulasi di MotoGP.

Kawasaki tercatat sudah enam tahun absen dalam kompetisi kuda besi. Terakhir kali mereka ikut berpartisipasi yakni pada 2009.

Saat itu mereka hanya memiliki satu pebalap, Marco Melandri, sebelum benar-benar mundur dari ajang ini akibat krisis finansial. Alhasil, Kawasaki mengalihkan fokus ke dunia World Superbike.

"Jika Dorna mengubah filosofinya dan membuat aturan lebih terbuka sehingga semua pabrikan bisa bebas bereksperimen, mungkin kami bisa kembali ke MotoGP," kata Yoda seperti dikutip dari laman Motorsport, Jumat (4/12/2015).

Yoda mengungkapkan jika timnya terkendala pada aturan MotoGP yang menyangkut regulasi teknis. Menurutnya teknologi tersebut terlalu mahal.

"Jika kami ingin kembali, beberapa hal harus berubah. Peraturan sekarang sangat ketat. Contohnya, kami tidak bisa bersaing jumlah produksi motor," ujar Yoda.

"Ada solusi-solusi teknologi yang telah diadopsi oleh tim pabrikan lain seperti gearbox yang tidak pernah kami terapkan di motor jalan raya kami. Teknologi ini terlalu mahal, dan menjadi sia-sia," lanjut Yoda mengkahiri pembicaraan.