Sukses


Kilas Balik Balap 2015 (I): Bali Cetak Sejarah

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP dan Formula One (F1) musim 2015 resmi berakhir.  Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, keluar sebagai juara MotoGP 2015. Sedangkan jagoan Mercedes GP, Lewis Hamilton, menjadi yang terbaik di Formula One 2015.

Beberapa kejadian menarik tersaji sepanjang musim. Sebut saja persaingan sengit antara Lorenzo dengan rekan timnya, Valentino Rossi, dalam perebutan gelar juara MotoGP, yang dibumbui kontrovesi dengan Marc Marquez.

Selain itu ada juga rivalitas panas antara Hamilton dengan Nico Rosberg untuk jadi yang terbaik di ajang F1. Pebalap yang sama-sama tergabung di tim Mercedes tersebut sampai terlibat perang dingin. 

Tak hanya persaingan, sejumlah rekor pun menghiasi balapan jet darat dan kuda besi paling bergengsi di dunia tersebut. Ada juga fakta yang layak untuk diketahui. 

Lantas kejadian apa saja yang tersaji di MotoGP dan F1 sepanjang musim 2015? Berikut kilas balik yang dirangkum bola.com:

2 dari 4 halaman

Januari 2015

Januari 2015

FIA Rilis Kalender Balap  (7 Januari)

Federasi Otomotif Internasional (FIA) merilis kalender balapan Formula 1 (F1) untuk musim 2015. Seri GP Korea akhirnya resmi dicoret dari perhelatan balapan jet darat.

Honda Lanjutkan Kerja Sama dengan Stoner (15 Januari)

Honda Racing Corporation (HRC) melanjutkan kerja sama dengan mantan pebalapnya, Casey Stoner. Pria asal Australia itu tetap diplot sebagai pebalap penguji di tahun ini.

Motor Baru Movistar Yamaha Diluncurkan (26 Januari)

Tim Movistar Yamaha meluncurkan motor baru mereka untuk balapan MotoGP 2015 di Madrid, Spanyol. Dengan motor baru ini, Jorge Lorenzo, berharap bisa menghentikan dominasi Marc Marquez, yang jadi juara di dua musim sebelumnya.

Ferrari Luncurkan Mobil Anyar (30 Januari)

Tim Formula One, Ferrari, meluncurkan mobil baru mereka. Selain itu, tim Kuda Jingkrak juga memperkenalkan pebalap anyar mereka, Sebastian Vettel.

Marquez dan Pedrosa Sambangi Indonesia (31 Januari)

Dua pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, menyambangi Indonesia. Mereka mengikuti serangkaian acara di pulau Bali, termasuk peluncuran tim.

3 dari 4 halaman

Februari 2015

Februari 2015

Bali Cetak Sejarah (1 Februari)

Bali mencatatkan sejarah. Pulau Dewata menjadi daerah pertama di Indonesia yang ditunjuk jadi tempat peluncuran Repsol Honda. Dalam peluncuran tersebut hadir dua pebalap Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

MotoGP Rilis Nama Pebalap  (4 Februari)

MotoGP resmi merilis 25 nama pebalap yang tampil di musim 2015. Maverick Vinales menjadi satu-satunya pebalap yang promosi dari Moto2.

MotoGP Inggris Kembali ke Silverstone (10 Februari)

Dorna selaku operator penyelenggara MotoGP mengumumkan MotoGP Inggris bakal kembali digelar di Sirkuit Silvertone. Beberapa musim sebelumnya, balapan kuda besi tersohor di dunia itu diselenggarakan di Sirkuit Donington Park.

Williams F1 gunakan pebalap penguji wanita (19 Februari)

Tim Formula One, Williams, menurunkan Susie Wolff sebagai pebalap penguji mereka di tes pramusim Barcelona. Wolff pun sempat mencuri perhatian.

4 dari 4 halaman

Maret 2015

 

Maret 2015

Aprilia Kembali ke MotoGP (5 April)

Setelah sempat mundur dari ajang MotoGP, Aprilia Gresini Racing akhirnya kembali. Alvaro Bautista dan Marco Melandri didapuk menjadi pebalap.

Verstappen Pebalap Termuda di F1 (15 Maret)

Pebalap Torro Rosso, Max Verstappen, menjadi pebalap termuda di ajang Formula One setelah mengikuti balapan di GP Australia. Ketika mengikuti balapan tersebut, dia masih berusia 17 tahun.

Bridgestone Luncurkan Ban Baru  (20 Maret)

Bridgestone meluncurkan dua warna sebagai tanda baru ban untuk musim balapan musim MotoGP 2015. Dua warna tanda ban yang baru itu adalah kuning dan biru. Kuning mengacu pada ban belakang slick dengan kompon ekstra keras. Sedangkan ban biru, merupakan ban depan asymmetric slick.

MotoGP 2015 Resmi Dimulai (29 Maret)

Persaingan di MotoGP 2015 resmi dimulai. Sirkuit Losail, Qatar, menjadi pembuka ajang balap motor tersohor di dunia tersebut. Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menjadi juara di seri pertama ini.

Video Populer

Foto Populer