Sukses


Pemerintah Siapkan 2 Skenario Pembiayaan MotoGP Indonesia 2017

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menyiapkan dua skenario pembiayaan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, mulai 2017 hingga 2019.

Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan pembiayaan memang masih menjadi kendala. Akibatnya, Keputusan Presiden untuk penyelenggaran MotoGP di Indonesia masih tertunda.

"Pembiayaan memang masih jadi kendala. Ada dua skema soal pembiayaan ini. Kemenpora baru menganggarkan Rp 5 miliar untuk uang muka," ungkap Gatot kepada wartawan di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Skenario pertama adalah menggunakan dana APBN. Namun akan dibahas siapa yang akan mengeluarkan anggaran, lalu dananya digunakan untuk apa.

"Yang pasti harus membayar promotion fee (senilai 23,4 juta euro) yang dibayar bertahap. Renovasi Sentul kan juga perlu biaya. Itu yang harus dibayar pada 2016, " ujar Gatot.

Skenario kedua adalah mengomersilkan ajang tersebut. Nantinya, perusahaan swasta diberi kesempatan untuk menjadi sponsor.

"Ini lazim dilakukan di luar negeri, event-nya dijual ke pihak swasta. Nantinya jika skenario ini dipakai, nama Sentulnya akan dihilangkan diganti dengan nama sponsor, " ungkap pria yang juga menjabat sebagai Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora tersebut.

Video Populer

Foto Populer