Yamaha Jalin Kerja Sama dengan Akademi Balap Valentino Rossi

Oleh Oka Akhsan pada 01 Mar 2016, 19:45 WIB
Diperbarui 01 Mar 2016, 19:45 WIB
Luca Marini (kiri) dan Valentino Rossi
Luca Marini (kiri), adik kiri Valentino Rossi yang merupakan salah satu pebalap didikan VR46 Riders Academy, akan mendapat dukungan penuh dari Yamaha hingga tiga tahun ke depan. (Gazzetta World)

Bola.com, Jakarta - Yamaha resmi menjalin kerja sama dengan akademi balap milik Valentino Rossi, VR46 Riders Academy, sebagai partner dan pemasok motor, pada Selasa (1/3/2016). Kontrak tersebut berdurasi tiga tahun.

Sebagai bagian dari kerja sama, Yamaha akan mendukung penuh program akademi dan menyuplai total 26 motor R-Series dan YZ yang bisa digunakan para pebalap akademi untuk berlatih dan mengembangkan kemampuan balap mereka di VR46 MotoRanch dan Sirkuit Misano.

Lewat kerja sama ini, para pebalap akademi bisa mendapatkan kontak pertama dengan Yamaha. Perkembangan performa mereka pada awal karier di dunia balap akan terus dipantau oleh pabrikan asal Jepang itu.

Yamaha bakal mendukung pendidikan para pebalap muda ini, termasuk memberikan pengetahuan soal humas, promosi, dan ekspektasi tim. Lewat dukungan tersebut, diharapkan mereka bisa berkembang sampai menjadi pebalap pabrikan Yamaha di masa depan.

Melalui kerja sama ini, Yamaha mencoba menciptakan model dan formula pembinaan mutakhir dalam memberikan kesempatan kepada pebalap muda untuk berkembang.

VR46 Riders Academy memegang peranan penting dalam sistem pembinaan ini lewat program pelatihan. Tugas utamanya adalah menyuntikkan motivasi serta meningkatkan pengalaman dan kemampuan para pebalap muda tersebut.

Sebagai tahap pertama dari kerja sama ini, pada 2016 Yamaha akan memilih para pebalap muda terbaik dari ajang Asia Road Racing Championships kelas Asia Production 250cc serta ajang lainnya untuk berlatih di akademi.

Rencananya, akan digelar dua kali workshop selama dua pekan pada 2016. Pebalap muda bertalenta tersebut bakal mendapat kesempatan untuk berlatih secara penuh dengan para pebalap binaan VR46 Riders Academy, baik di pusat kebugaran maupun di lintasan MotoRanch dan Sirkuit Misano dengan menggunakan motor YZF-R3 dan YZ250F.

Semua pebalap akan mendapat akses untuk menggunakan seluruh fasilitas akademi. Selain itu, Valentino Rossi juga akan ikut memberikan pelatihan khusus bersama dengan staf akademi lain.

"Yamaha dan Valentino punya tujuan yang sama, yaitu membantu para pebalap muda menggapai mimpi mereka untuk menjadi pebalap MotoGP. Semoga beberapa pebalap muda yang mengikuti program ini bisa menjadi pebalap Yamaha di masa depan," kata Lin Jarvis, managing director Yamaha Racing, di situs resmi Yamaha Racing.

"Saya berterima kasih kepada Yamaha yang telah memberikan kesempatan ini. Semoga kerja sama ini bisa membuahkan sesuatu yang besar. Saya sudah tak sabar bertemu dengan para pebalap bertalenta yang akan mengikuti program kami. Semoga mereka bisa menikmati waktu belajar di akademi dan kami bisa menemukan talenta baru!" ujar Valentino Rossi.

VR46 Riders Academy merupakan akademi balap yang didirikan oleh Valentino Rossi pada 2014. Akademi tersebut saat ini memiliki delapan pebalap yang tampil di kelas Moto2 dan Moto3.

Sebanyak lima pebalap, yaitu Romano Fenati, Andrea Migno dan Nicolo Bulega, yang membela tim milik Valentino Rossi, SKY Racing Team VR46, plus Nicolo Antonelli serta Fransesco Bagnaia tampil di Moto3. Sementara tiga pebalap lain, yakni Franco Morbidelli, Lorenzo Baldassari, dan adik tiri Rossi, Luca Marini, berkompetisi di Moto2.