Sukses


MotoGP 2017 Diramaikan 24 Pebalap?

Bola.com, Jakarta - MotoGP bersiap melakukan terobosan baru. Kemungkinan besar MotoGP 2017 akan diramaikan 24 pebalap. 

Tahun depan, ada 23 pebalap yang dipastikan ikut serta pada balapan motor paling bergengsi di dunia tersebut. Ini menyusul bergabungnya KTM dalam persaingan. Operator MotoGP berinisiatif menggenapkan jumlah pebalap menjadi 24 tim. Untuk itu mencari tim lain yang bersedia ikut serta dengan satu pebalap saja.

Tim yang berminat diminta untuk segera mengontak IRTA (Asosiasi yang terdiri atas seluruh tim, pemasok teknis besar, dan sponsor yang berpartisipasi di MotoGP) serta menyerahkan segala persyaratan yang diminta paling lambat pada 29 April.

"Tim yang dianggap kandidat potensial sebagai pendatang baru nantinya akan diberikan rincian dan ketentuan lebih lanjut untuk berpartisipasi di kelas MotoGP. Tim tersebut juga akan diminta menyerahkan rincian lengkap terkait proyek MotoGP mereka," demikian pernyataan MotoGP seperti dilansir Autosport.

"Keputusan akhir apakah tim tersebut diterima atau tidak akan menjadi tanggung jawab panitia seleksi yang terdiri atas delegasi FIM, Dorna, dan IRTA," tambah pernyataan MotoGP.

Sejauh ini, MotoGP sudah kedatangan satu pabrikan baru, yaitu Suzuki, dan tahun depan KTM. Namun, kelas tertinggi lomba balap motor grand prix itu ditinggal beberapa tim privat seperti Paul Bird Motorsport, Forward Racing, Cardion AB, dan Ioda, dalam dua tahun terakhir.

Untuk menjamin keberadaan 22-24 motor di grid setiap tahun, MotoGP telah menyepakati pembekuan regulasi dan pemberian bantuan finansial kepada seluruh tim hingga 2021. Sebagai bagian dari perjanjian itu, seluruh tim pabrikan (Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia, dan KTM) mesti bersedia menyuplai 2-4 motor kepada tim privat. Saat ini baru Ducati yang memenuhi persyaratan karena telah memasok motor buat dua tim, yakni Pramac dan Avintia.

Video Populer

Foto Populer