Sukses


7 Fakta Seusai Lorenzo Lewati Rekor Mick Doohan di MotoGP Prancis

Bola.com, Le Mans - Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, menjadi yang tercepat pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016). Kemenangan itu menobatkan X-Fuera sebagai pebalap paling sukses di Le Mans sepanjang sejarah MotoGP.

Lorenzo kini mengoleksi lima kemenangan pada balapan MotoGP Prancis. Dia melampaui pencapaian legenda MotoGP, Mick Doohan, yang sudah empat kali menang di Le Mans.


Itu bukan satu-satunya fakta menarik yang terjadi pada balapan MotoGP Prancis. Berikut ini tujuh fakta menarik yang terjadi pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016), yang dimenangi Jorge Lorenzo: 

1. Maverick Vinales meraih podium pertama sepanjang kariernya pada ajang MotoGP. Sebelumnya, pencapaian terbaik Vinales adalah finis keempat pada balapan MotoGP Amerika.

2. Jorge Lorenzo mencatatkan rekor setelah keluar sebagai juara pada balapan MotoGP Prancis. Dia menjadi pebalap yang paling banyak menang di Prancis sepanjang sejarah MotoGP (termasuk kelas 500cc), yaitu lima kemenangan. Dia melampaui rekor legenda MotoGP, Mick Doohan.

3. Balapan MotoGP Prancis menjadi seri kedua pada awal musim ini yang memakan banyak korban selain MotoGP Argentina. Tercatat ada delapan pebalap yang gagal finis saat balapan di Sirkuit Autodrome Termas de Rio Hondo dan Le Mans.

4. Kemenangan Jorge Lorenzo semakin memperkuat supremasi pebalap Spanyol di Sirkuit Le Mans dalam 10 tahun terakhir. Dari 10 musim, tujuh di antaranya dimenangi pebalap Negeri Matador. Lima di antaranya dipersembahkan Lorenzo.

5. Kecelakaan yang dialami pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, di tikungan ketujuh pada pertengahan balapan membuatnya mencetak hattrick gagal finis. Pada dua balapan sebelumnya, di Jerez dan Austin, Dovizioso juga mengalami insiden yang membuatnya gagal finis.

6. Jorge Lorenzo menyamai raihan podium milik Dani Pedrosa pada ajang MotoGP, yaitu 101 podium. Selain itu, pebalap berusia 28 tahun itu juga menyamai rekor podium legenda MotoGP, Angel Nieto, pada ajang Grand Prix dengan 139 podium. 

7. Jorge Lorenzo memang layak menang pada balapan MotoGP Prancis. Pebalap berjuluk X-Fuera itu memecahkan sejumlah rekor saat balapan di Sirkuit Le Mans. Satu di antaranya adalah rekor lap tercepat, yaitu 1 menit 31,975 detik. Dia mematahkan rekor yang dipegang Marc Marquez pada tahun 2014. Ketika itu, pebalap Repsol Honda tersebut mencatatkan waktu lap tercepat 1 menit 32,042 detik.

 

Video Populer

Foto Populer