Ducati Turunkan Pirro di MotoGP Italia, Bukan Stoner

Oleh Oka Akhsan pada 18 Mei 2016, 21:14 WIB
Diperbarui 18 Mei 2016, 21:14 WIB
Michele Pirro
Michele Pirro, akan tampil lewat jalur wildcard pada balapan MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, akhir pekan ini. Pirro merupakan pebalap penguji Ducati bersama Casey Stoner. (Motorsport).

Bola.com, Mugello - Ducati benar-benar menurunkan pebalap ketiga berstatus wildcard pada balapan MotoGP Italia, akhir pekan ini. Namun, sosok yang akan mendampingi Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone bukan Casey Stoner melainkan pebalap penguji lain Ducati, Michele Pirro.

Pirro sudah tiga kali tampil pada MotoGP 2016. Pria berusia 29 tahun itu dipercaya menggantikan pebalap Pramac Ducati, Danilo Petrucci, yang cedera di Argentina, Austin, dan Jerez.

Dalam tiga kesempatan itu, Pirro menggeber Desmosedici GP15. Di Mugello, pebalap asal Italia itu akan mengendarai motor Ducati terbaru.

"Saya senang bisa membalap di Mugello bareng Ducati dengan Desmosedici GP16. Pada kesempatan sebelumnya kami selalu meraih hasil yang baik," kata Pirro seperti dilansir Motorsport.com, Rabu (18/5/2016).

Ducati selalu menurunkan Pirro dalam dua penyelenggaraan terakhir MotoGP Italia. Pada balapan tahun lalu, Pirro finis di posisi kedelapan.

"Motor yang akan saya gunakan memiliki spesifikasi yang sama seperti milik pebalap pabrikan Ducati. Saya akan berusaha tampil cepat dan kompetitif seperti tahun lalu," ujar Pirro.

Pirro saat ini duduk di posisi ke-16 klasemen sementara MotoGP 2016 dengan 12 poin. Hasil terbaiknya adalah finis kedelapan pada balapan di Austin, Texas, AS.

Kepastian Ducati menurunkan Michele Pirro pada MotoGP Italia sekaligus memupus harapan fans yang ingin melihat Casey Stoner comeback. Sebelumnya dua kali juara dunia MotoGP itu sempat dikabarkan bakal balapan lagi lewat jalur wildcard pada musim ini. Speedweek menyebut Stoner masih mungkin ikut balapan di Misano, Aragon, atau Phillip Island. Namun, Stoner menegaskan dia memilih fokus pada tugasnya sebagai pebalap penguji.