Belum Cabut Pelat Logam, Pebalap Ducati Absen pada MotoGP Assen

Oleh Oka Akhsan pada 17 Jun 2016, 16:38 WIB
Diperbarui 17 Jun 2016, 16:38 WIB
Loris Baz
Pebalap Avintia Ducati, Loris Baz, absen pada MotoGP Assen, 26 Juni 2016, karena belum fit setelah menjalani operasi kaki. (Crash)

Bola.com, Jenewa - Pebalap Avintia Ducati, Loris Baz, dipastikan masih absen pada seri MotoGP Assen di Belanda, 26 Juni 2016. Tim dokter menyatakan Baz belum pulih dari cedera kaki.

Baz mengalami cedera pada balapan MotoGP Italia, 22 Mei 2016, setelah crash dengan dua pebalap lain, Jack Miller (Marc VDS Honda) dan Alvaro Bautista (Aprilia), pada lap pertama.

Akibat kecelakaan di Mugello, Baz harus menjalani operasi untuk memasang pelat logam dan sekrup pada kaki kanannya sehingga harus absen pada MotoGP Catalunya, 5 Juni 2016.

Proses pemulihan cedera Baz sebenarnya berjalan lancar. Pebalap asal Prancis itu sudah melepaskan jahitan di kakinya pada Kamis (16/62016). Namun, Baz masih harus mengunjungi rumah sakit sekali lagi pada pekan depan untuk mencabut dua logam besi besar di kaki kanannya. Setelah itu dicabut, dia mesti menunggu dua hari lagi sebelum berjalan normal.

 

This will be the next step Next Thursday! #prochaine étape les broches jeudi prochain!!!

A photo posted by lorisbaz (@lorisbaz) on

Dokter dari rumah sakit di Jenewa, Finn Mahler, menyatakan Baz belum siap untuk tampil di Assen. Karena itu, Baz diminta melanjutkan proses rehabilitasi selama beberapa pekan ke depan.

"Sangat mengecewakan tak bisa balapan di Assen karena itu target awal saya. Saya harus menunggu hingga Kamis depan untuk mencabut besi di kaki. Jadi, memang mustahil langsung menggeber motor pada Jumat," kata Baz di situs resmi MotoGP, Jumat (17/6/2016).

 

Stitches going out!!! 1 more step On enlève les points!! 1 étape en plus!!!

A video posted by lorisbaz (@lorisbaz) on

Posisi Baz akan kembali diisi Michele Pirro. Pebalap asal Italia itu sudah menggantikan Baz untuk mendampingi Hector Barbera di Catalunya dan finis di posisi ke-15. Baz diperkirakan baru fit untuk balapan pada MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 17 Juli 2016.

"Saya menyukai Assen dan punya memori indah di sana seperti membuat rekor lap ajang Superbike. Tahun lalu saya juga menikmati balapan di sana. Namun, saya mesti menunggu supaya bisa lebih fit di Jerman. Saya akan mendukung Hector dan Pirro dari rumah. Semoga mereka bisa meraih hasil bagus. Sampai jumpa di Sachsenring," ujar Loris Baz, yang tahun lalu finis di peringkat ke-15 di Assen.