Kala Helm Half Face Valentino Rossi Bikin Gempar Medsos

Oleh Oka Akhsan pada 21 Jun 2016, 09:36 WIB
Diperbarui 21 Jun 2016, 09:36 WIB
Valentino Rossi
Valentino Rossi, kedapatan memakai helm Arai yang disamarkan jadi AGV saat menonton balapan Superbike di Sirkuit Misano, akhir pekan lalu. (Motorsport)

Bola.com, Misano - Valentino Rossi membuat gempar media sosial pada akhir pekan lalu. Penyebabnya adalah helm half face yang dikenakan The Doctor saat menonton balapan Kejuaraan Dunia Superbike di Sirkuit Misano, Italia.

Rossi terlihat hadir di sisi trek memakai helm berwarna kuning. Sekilas tak ada yang aneh dengan helm tersebut. Namun, setelah diperhatikan, pelindung kepala itu bukan yang biasa digunakan Rossi saat balapan.

Helm yang dikenakan Rossi ternyata keluaran perusahaan Jepang, Arai. Padahal, selama ini pebalap asal Italia itu identik dengan merek Italia, AGV. Rossi menyamarkan helm Arai tersebut dengan menempelkan stiker AGV di bagian atas supaya terlihat wajar.

"Rossi kedapatan memakai helm Arai Ram4. AGV juga punya helm yang desainnya mirip, yakni K5. Namun, kalau diperhatikan lebih saksama, desain helm Arai Ram4 berbeda dengan K5," tulis situs Motorsport.com, Senin (20/6/2016).

Perbandingan antara helm AGV K5 dan Arai Ram4 (kanan). (Bola.com/Motomalaya/Formotorbikes)

Kesempatan itu tak disia-siakan Arai. Perusahaan Jepang tersebut langsung menyebarkan foto Rossi dengan helm keluaran mereka di medsos.

Gambar Rossi pun menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Apalagi hal ini terjadi saat Rossi sedang tak balapan. Banyak pihak menduga sembilan kali juara dunia lomba balap motor grand prix itu bakal ganti helm.

Pebalap MotoGP berganti helm bukan sesuatu yang baru. Pada musim terakhirnya di kelas 250cc (2005), Dani Pedrosa mengganti helm dari merek Nolan ke Arai pada pertengahan musim. Penyebabnya, helm Nolan sering berembun saat hujan. Bahkan, Pedrosa sempat memakai helm Arai yang dibuat mirip Nolan dalam balapan!

Juara dunia bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo, juga mengganti merek helm dari HJC ke Shark pada tahun ini. Apakah Valentino Rossi benar-benar bakal ganti helm seperti rekan setimnya di Yamaha?