Sukses


Mick Doohan Takjub Rossi Tetap Hebat Meski Tak Muda Lagi

Bola.com, Jakarta - Legenda MotoGP, Mick Doohan, mengaku takjub dengan Valentino Rossi yang masih tetap hebat meski sudah tak muda lagi. Pria asal Australia itu menyebut level The Doctor ada di atas normal.

Rossi saat ini sudah berusia 37 tahun. Meski demikian, pebalap Yamaha itu mampu bersaing dengan rider yang lebih muda seperti Marc Marquez dan Jorge Lorenzo dalam perebutan titel MotoGP. Bahkan, Tim Garpu Tala memperpanjang kontrak Rossi sampai 2018.

"Rossi masih tetap di MotoGP beberapa tahun lagi. Saya terkejut. Dia masih punya energi dan motivasi untuk tetap bertarung dalam perebutan gelar juara dunia. Luar biasa!" kata Doohan dalam wawancara dengan AutoScout24.

"Di MotoGP saat ini, pebalap yang paling menonjol ada tiga, yaitu Valentino Rossi, Lorenzo, dan Marquez. Kemampuan mereka ada di atas normal," ujar Doohan.

Pada era Doohan, pebalap Australia dan Amerika Serikat menguasai kelas primer kejuaraan dunia balap motor grand prix. Namun, sejak Casey Stoner jadi juara dunia MotoGP 2011, dominasi dipegang oleh rider Eropa.

"Saya yakin dalam waktu dekat ada talenta hebat dari Australia atau Amerika Serikat. Seorang pebalap yang bisa menaklukkan hegemoni rider-rider Eropa di MotoGP," tutur Doohan yang merupakan juara dunia GP500 lima kali di rentang tahun 1994-1998 ini.

Di grid MotoGP 2016, Amerika Serikat tak punya wakil. Australia masih lebih baik karena memiliki Jack Miller (Marc VDS Honda).

Namun, jalan Miller masih panjang untuk menyamai prestasi Mick Doohan. Selama 11 tahun berkarier, Doohan meraih lima gelar secara beruntun. Hanya Giacomo Agostini dan Valentino Rossi yang menorehkan pencapaian serupa. Sementara Miller sejauh ini masih kesulitan bersaing di papan tengah.

Video Populer

Foto Populer