MotoGP Assen: Miller Kalahkan Marquez, Rossi Terjatuh

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 26 Jun 2016, 20:35 WIB
Diperbarui 26 Jun 2016, 20:35 WIB
MotoGP 2016
Pebalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Jack Miller, di luar dugaan mampu menjuarai balapan MotoGP Assen mengalahkan Marc Marquez. Sementara Valentino Rossi terjatuh pada balapan kali ini. (Bola.com/Red Bull)

Bola.com, Assen - Pebalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Jack Miller, membuat kejutan dengan menjuarai balapan MotoGP Assen, Minggu (26/6/2016). Dia mampu mengalahkan Marc Marquez yang berada di posisi kedua.

Miller menjadi juara setelah unggul 1,991 detik dari Marquez. Sementara posisi ketiga ditempati pebalap Octo Pramac Yakhnich, Scott Redding.

Kemenangan Miller ini juga tak lepas dari insiden yang dialami beberapa pebalap top seperti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso. Kedua pebalap Italia itu tak mampu melanjutkan balapan karena terjatuh.

Nasib lebih baik dialami rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo. Dia mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-11 setelah awalnya mengalami kesulitan.

Rossi sebenarnya melakukan start dengan sempurna. Pebalap asal Italia itu sukses melesat berada di depan. Namun, kejutan dibuat Yonny Hernandez yang mampu posisi kedua pada lap pertama. Bahkan, dia mampu menyalip Rossi satu lap berikutnya.

Pada lap keempat, Petrucci sukses menyalip posisi Marquez. Tak lama berselang, giliran Iannone yang melewati pebalap asal Spanyol tersebut.

Saat Hernandez terus melaju di depan, Rossi mendapat ancaman dari Dovizioso. Pebalap berusia 30 tahun tersebut terus memperpendek gap dengan The Doctor. Pada lap ke-10, Dovizioso akhirnya sukses menyalip Rossi.

Satu lap berselang, Hernandez yang berada di depan mengalami insiden. Motornya tergelincir, namun dia masih tetap mampu melanjutkan balapan meski posisinya melorot ke belakang.

Pada lap ke-13, Petrucci mampu menduduki posisi kedua dengan menyalip Rossi. Setelah itu giliran Redding yang melewati The Doctor. Tak lama Rossi kembali berada di posisi ketiga dengan menyalip Redding.

Hujan semakin deras hingga membuat red flag dikibarkan pada lap ke-15. Balapan pun dihentikan sementara. Saat dilanjutkan, para pebalap kembali memulai balapan dari garis start. Posisi start ditentukan dari posisi pebalap sebelum balapan dihentikan, tepatnya pada lap ke-14.

Lintasan basah membuat para pebalap kesulitan mengendalikan motornya. Satu persatu pebalap tergelincir akibat licinnya trek. Mulai dari Dani Pedrosa, Cal Crutchlow, Danilo Petrucci, Bradley Smith dan Aleix Espargaro.

Nasib yang sama dialami Dovizioso. Pebalap Italia tersebut juga tergelincir dan tak melanjutkan balapan. Tak lama berselang, giliran Rossi yang terjatuh. Dengan jatuhnya Rossi dan Dovizioso, Marquez berada di depan.

Namun, Marquez tak bertahan lama di posisi terdepan. Di luar dugaan, posisinya kemudian disalip Miller saat balapan tersisa 8 lap. Posisi itu mampu dipertahankan Miller hingga akhir balapan.

Berikut ini hasil lengkap balapan MotoGP Assen, Minggu (26/6/2016):

1. Jack Miller Estrella Galicia 0,0 Marc VDS 22 menit 17,447 detik
2. Marc Marquez Repsol Honda Team 22 menit 19,438 detik
3. Scott Redding Octo Pramac Yakhnich 22 menit 23,353 detik
4. Pol Espargaro Monster Yamaha Tech 3 22 menit 27,259 detik
5. Andrea Iannone Ducati Team 22 menit 35,282 detik
6. Hector Barbera Avintia Racing 22 menit 36,139 detik
7. Eugene Laverty Aspar MotoGP 22 menit 40,052 detik
8. Stefan Bradl Aprilia Gresini 22 menit 41,050 detik
9. Maverick Vinales Suzuki Ecstar 22 menit 43,595 detik
10. Jorge Lorenzo Movistar Yamaha 22 menit 45,051 detik
11. Tito Rabat Estrella Galicia 0,0 Marc VDS 23 menit 39,277 detik
12. Dani Pedrosa Repsol Honda 24 menit 11,816 detik
13. Bradley Smith Monster Yamaha Tech 3 +3 laps
Alvaro Bautista Aprilia Gresini Tidak finis
Michele Pirro Avintia Racing Tidak finisDNF
Valentino Rossi Movistar Yamaha Tidak finis
Aleix Espargaro Suzuki Ecstar Tidak finis
Andrea Dovizioso Ducati Team Tidak finis
Danilo Petrucci Octo Pramac Yakhnich Tidak finis
Cal Crutchlow LCR Honda Tidak finis
Yonny Hernandez Aspar MotoGP Tidak finis

Momen-Momen di MotoGP Catalunya, Valentino Rossi Crash Hingga Fabio Quartararo Juara