Sukses


Ini Kata Valentino Rossi soal Dominasi Rider Spanyol di MotoGP

Bola.com, Tavullia - Rider Spanyol berpotensi mendominasi line-up MotoGP 2017. Fenomena tersebut tak luput dari perhatian pebalap Yamaha asal Italia, Valentino Rossi.

Spanyol menjadi negara penyumbang pebalap terbanyak pada musim 2016. Total ada sembilan rider yang berasal dari Negeri Matador. Mereka adalah Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Alvaro Bautista, Tito Rabat, dan Hector Barbera.

Pesaing terdekat Spanyol adalah Italia yang hanya memiliki empat pebalap, yaitu Rossi, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Danilo Petrucci.

Tahun depan, pebalap Spanyol akan semakin menguasai grid MotoGP dengan kehadiran Alex Rins yang bergabung dengan Suzuki. Artinya, akan ada 10 rider Spanyol yang bakal tampil pada MotoGP 2017.

"Alex Rins punya talenta besar. Karena itu, musim depan akan sangat menarik. Meski ditinggal Vinales ke Yamaha, Suzuki tetap memiliki pasangan pebalap berkualitas dalam diri Iannone dan Rins," kata Rossi kepada Speedweek, Sabtu (2/7/2016).

Rossi menyadari superioritas pebalap Spanyol saat ini. Bukan cuma di MotoGP, tapi juga di Moto2 dan Moto3.

"Rider Spanyol mendominasi seluruh kelas di kejuaraan dunia balap motor grand prix, terutama MotoGP. Tahun ini saja luar biasa. Dari tujuh pebalap teratas di klasemen sementara, cuma saya yang bukan berasal dari Spanyol," ujar Rossi.

Rossi meyakini kualitas pebalap Italia tak kalah dari rider Spanyol. Demi menyaingi dominasi pebalap Spanyol, Rossi turut membantu membukakan jalan bagi rider Italia untuk menapak ke MotoGP dengan cara membentuk tim Moto3, Sky Racing Team VR46, dan mendirikan akademi balap, VR46 Riders Academy.

"Spanyol punya program yang baik dalam mempromosikan pebalap muda dan mengantar mereka ke kejuaraan dunia balap motor grand prix. Hasilnya pun luar biasa. Kami saat ini sedang mencoba membantu pebalap muda Italia. Namun, mereka butuh waktu untuk sampai di kelas MotoGP," tutur Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer