2 Pebalap Yamaha Indonesia Kembali Dapat Pengalaman Baru

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 06 Jul 2016, 21:05 WIB
Diperbarui 06 Jul 2016, 21:05 WIB
Yamaha Indonesia
Dua pebalap Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama dan Imanuel Putra Pratna, mendapat banyak pengetahuan baru dalam pelatihan mereka di VR46 Riders Academy. (MotoGP)

Bola.com, Tauvilia - Dua pebalap Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama dan Imanuel Putra Pratna, kembali mendapat pengalaman baru dalam pelatihan mereka di VR46 Riders Academy.

Pada hari kedua, Selasa (5/7/2016) waktu setempat, Galang dan Imanuel bersama tiga pebalap Yamaha Asia diawali dengan latihan gym. Menariknya, mereka mengambil kelas pilates untuk membuat otot kaki mereka kuat.

Pada pelatihan ini mereka dilatih Franco Mordibelli dan Francesco Bagnaia, pelatih profesional di VR46 Riders Academy. Buat Galang dan Imanuel, ini pertama kalinya mereka mendapat pelatihan pilates.

"Apa yang kami lakukan di gim hari ini lebih haik, karena kami tidak pernah melakukan pilates sebelumnya. Pelatihan yang kami lakukan ini membantu detoksifikasi tubuh kami," tutur Galang seperti dikutip situs resmi MotoGP, Rabu (6/7/2016).

"Ini pertama kalunya saya melakukan pilates. Ini semua baru untuk saya, tapi kami memiliki pelatih yang baik jadi kami berada di tangan yang baik. Kami melakukan beberapa yang membantu kami untuk santai dan lepas dari stres seusai latihan kemarin di Motor Ranch," timpal Imanuel.

Setelah itu, kelima pebalap Yamaha Asia yang ikut program Master Camp tersebut berkunjung ke Fan Klub resmi VR46 dan mendaftar menjadi anggota. Setelahnya, Galang dan Imanuel kemudian mendapat pelatihan lainnya.

Para pebalap Yamaha Asia berkunjung ke Fan Klub Resmi VR46. (MotoGP)

Pada sore hari, mereka menghabiskan wakt di Andreani Grup Suspension World Academy. Pada pelajaran pertama, Galang, Imanuel dan tiga pebalap Yamaha Asia lainnya mendapat pengetahuan soal mekanik mobil, motor, truk dan khususnya suspensi motor.

Kemudian pada pelajaran kedua, mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana set-up motor dan memberikan umpan balik konstruktif untuk mekanik mereka agar bisa meningkatkan kinerja motor di trek dan kondisi apapun.

"Kami merasa ini sangat berguna, karena kami tak memiliki pengetahuan teoritis tentang hal ini sebelum kami datang ke sini. Jadi ini adalah langkah maju yang baik untuk masa depan saya sebagai pebalap," tutur Galang.

"Saya mendapatkan banyak pengetahuan dan beberapa dari ilmu itu tak pernah saya pelakari sebelumnya, seperti cara mengatur geometri motor dan pusat gravitasi, dan itu pasti akan banyak membantu saya ntuk meningkatkan kemampuan saya. Sebelum datang ke sini, keterampilan saya untuk menyetel motor sangat terbatas, tapi setelah ini saya bisa menyetel motor dengan sempurna," kata Imanuel.

Sebelumnya, dua pebalap Yamaha Indonesia ini mendapatkan kesempatan menjajal flat-track di Motor Ranch milik Valentino Rossi. Mereka juga bertemu dengan ayah legenda MotoGP tersebut, Graziano Rossi.