Sukses


Tes MotoGP: Ducati Gembira, Yamaha Menderita

Bola.com, Spielberg - Mayoritas tim dan pebalap MotoGP telah menjajal Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria, untuk pertama kali pada hari pembuka tes, Selasa (19/7/2016). Hasilnya, Ducati terlihat dominan, sedangkan Yamaha masih kesulitan.

Tes di Red Bull Ring yang akan digelar selama dua hari bertujuan untuk mengevaluasi trek sebelum GP Austria, 14 Agustus 2016. Aspek keselamatan menjadi perhatian utama para rider.

Dibanding sirkuit lain yang ada di kalender MotoGP musim ini, Red Bull Ring berkarakter lebih cepat. Trek sejauh 4,3 km ini hanya memiliki sembilan tikungan (dua ke kiri dan tujuh ke kanan).

Dengan karakteristik demikian, tim yang punya motor dengan top speed bagus seperti Ducati akan diuntungkan. Hal itu terbukti dengan dominasi pebalap Ducati pada hari pertama tes.

Rider tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso, menjadi yang tercepat. Total ada delapan pebalap pengguna motor Desmosedici yang menguasai posisi 10 besar catatan waktu terbaik.

"Kesan pertama saya terhadap sirkuit ini sangat bagus. Tata letak trek oke, ada banyak perubahan elevasi, dan beberapa blind corner. Trek ini sangat menyenangkan. Semoga kami bisa lebih cepat lagi pada hari kedua tes," kata Scott Redding, pebalap Pramac Ducati, kepada motogp.com.

"Saya suka trek ini karena sangat cocok dengan motor kami. Banyak lintasan lurus dan hard braking. Sejauh ini, performa Ducati cukup baik di sini," ujar rider Aspar Ducati, Eugene Laverty.

Di sisi lain, pebalap penguji Ducati, Casey Stoner, punya pandangan berbeda. "Ada beberapa tikungan yang menyenangkan. Permukaan lintasan juga bagus meski agak licin. Secara keseluruhan trek ini agak aneh untuk balap motor," kata dua kali juara dunia MotoGP asal Australia itu.

Bagaimana dengan tim lain? Suzuki dan Yamaha masih keteteran. Hal itu dapat dimaklumi mengingat top speed bukan kekuatan utama motor Suzuki GSX-RR dan Yamaha YZR-M1.

"Red Bull Ring sirkuit yang khas. Treknya sangat cepat sehingga memungkinkan pebalap memacu motor secara maksimal. Tikungannya hanya sedikit, cuma sembilan. Biasanya kami melahap 15 tikungan! Namun, sirkuit ini tak cocok buat kami karena top speed bukan kelebihan Yamaha YZR-M1," ujar Valentino Rossi, yang berada di posisi kesembilan tes MotoGP hari pertama, terpaut 1,29 detik dengan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Video Populer

Foto Populer