KTM Jalani Debut MotoGP di Valencia

Oleh Yus Mei Sawitri pada 20 Jul 2016, 12:30 WIB
Diperbarui 20 Jul 2016, 12:30 WIB
KTM
KTM bakal menjalani debut di MotoGP pada seri Valencia, November 2016. (Motorsport)

Bola.com, Spielberg - KTM dipastikan bakal menjalani debut pada balapan di Valencia, sebelum tampil penuh di MotoGP 2017. Kabar tersebut disampaikan pebalap penguji KTM, Mika Kalio, di sela-sela tes MotoGP di Sirkuit Red Bull Ring, Selasa (19/7/2016). 

KTM berencana membalap di Valencia dengan menggunakan fasilitas wild card. Namun, tim pabrikan asal Austria tersebut belum mengungkapkan dengan detail pebalap yang akan diturunkan pada balapan di Valencia.

Sebagai bagian dari debut tersebut sekaligus menghadapi balapan musim depan, KTM juga berpartisipasi pada tes MotoGP dengan menjajal Sirkuit Red Bull Ring, bersama tim-tim lain. Mereka menurunkan dua pebalap penguji, Mika Kallio dan Thomas Luthi.  

Kallio membukukan waktu lap tercepat ke-16 pada tes tersebut, terpaut 2,2 detik dari Andrea Dovizioso, yang membukukan waktu terbaik. Seusai balapan, pebalap Finlandia itu membuka rencana KTM untuk tampil pada balapan pamungkas musim ini. Langkah ini sama seperti yang dilakukan Suzuki saat menurunkan pebalap penguji, Randy de Puniet, di seri Valencia 2014, menjelang comeback mereka ke MotoGP pada 2015. 

"Saya rasa semua orang puas karena kami bisa berada di sini bersama tim-tim lain. Pada akhirnya, catatan waktu lap kami cukup bagus," kata Kallio, seperti dilansir MotoGP.com. 

"Kami berusaha mengikuti yang lain dan mengenal karakter motor. Kami masih kalah dibandingkan mereka. Tapi kami telah menempuh banyak lap dan tak mengalami masalah teknik. Kami sekitar 2 detik di belakang pebalap tercepat, yang cukup bagus untuk saat ini. Kami masih punya PR sebelum datang ke balapan Valencia, semoga kami bisa lebih baik besok (hari kedua tes)," imbuh dia. 

KTM telah mengumumkan susunan pebalap untuk musim depan, yaitu mantan duo rider Yamaha Tech 3, Bradley Smith dan Pol Espargaro. Adapun Kalio dinominasikan sebagai pebalap penguji permanen.