Sukses


Ingin Bangkit, Jorge Lorenzo Lupakan Gelar Juara Dunia

Bola.com, Misano - Pabalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, punya misi khusus pada MotoGP San Marino, akhir pekan ini. X-Fuera ingin bangkit dari keterpurukan setelah meraih rentetan hasil negatif dalam beberapa seri terakhir.

Lorenzo tampil tak konsisten pada musim 2016. Sempat menjanjikan pada awal musim, belakangan performa rider asal Spanyol itu merosot tajam.

Dalam lima seri terakhir, Lorenzo cuma sekali naik podium hasil finis ketiga di Austria. Pebalap berusia 29 tahun itu bahkan dua kali gagal mendulang poin akibat gagal menyelesaikan lomba di Catalunya dan hanya finis di posisi ke-17 di Rep. Ceska.

Pada balapan terakhir di Silverstone, Inggris, Lorenzo begitu kesulitan menemukan setelan motor terbaik. Salah dalam mengambil keputusan, dia pun gagal bersaing di depan saat lomba dan hanya finis kedelapan.

"Kami kembali mengalami balapan yang mengecewakan di Silverstone di mana kami seharusnya meraih hasil bagus. Sepanjang akhir pekan kami sangat kesulitan. Kami mencoba setelan berbeda untuk lomba tapi hasilnya malah lebih buruk. Kini kami harus melupakan itu semua dan fokus pada balapan di Misano," kata Lorenzo seperti dikutip dari Crash.

Akibat rangkaian hasil yang kurang memuaskan, Lorenzo semakin jauh tertinggal dari Marc Marquez (Repsol Honda) dan rekan setimnya, Valentino Rossi dalam perebutan titel musim ini. Lorenzo kini tertinggal 64 poin dari Marquez dan 14 angka di belakang Rossi.

Balapan di Misano berpotensi jadi momen kebangkitan Lorenzo. Maklum, sang juara dunia bertahan itu punya rekor bagus di Misano.

Jika menyelesaikan balapan, Lorenzo selalu finis di posisi dua besar pada MotoGP San Marino, termasuk meraih tiga kemenangan beruntun pada 2011-2013. Pebalap yang tahun depan pindah ke Ducati itu baru sekali gagal finis di Misano, yakni pada musim lalu akibat crash dalam balapan basah.

Secara tradisional, trek di Misano yang didominasi slow-speed corner cocok dengan motor Yamaha yang punya traksi bagus di corner exit. Di sisi lain, Honda berpotensi kedodoran di titik hard acceleration. Sementara itu, jika cuaca saat balapan panas, maka Suzuki yang bakal kesulitan

"Misano adalah salah satu trek favorit saya. Jadi kita lihat saja apakah kami bisa membalikkan keadaan. Saat ini yang bisa kami lakukan adalah bekerja lebih keras dan mencoba meraih hasil sebaik mungkin. Saya tak mau memikirkan titel karena sudah sangat sulit," ujar Jorge Lorenzo.

Video Populer

Foto Populer