Kisah Adik Tiri Rossi Tak Tahu Sang Kakak Bintang MotoGP

Oleh Oka Akhsan pada 10 Okt 2016, 11:45 WIB
Diperbarui 10 Okt 2016, 11:45 WIB
Luca Marini dan Valentino Rossi
Pebalap Moto2, Luca Marini (kiri), mengaku awalnya tak mengetahui kalau sang kakak, Valentino Rossi, merupakan bintang MotoGP. (Gazzetta World)

Bola.com, Urbino - Adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, mengaku memilih jadi pebalap bukan karena pengaruh sang kakak. Bahkan, rider Moto2 itu awalnya tak tahu kalau The Doctor adalah bintang MotoGP.

Menurut Marini, sosok yang berperan memperkenalkan balap motor kepada dirinya adalah sang ayah. Marini dan Rossi merupakan saudara seibu tapi beda ayah (maternal sibling).

"Peran ayah sangat penting pada awal karier saya karena beliau telah membawa saya berkeliling dunia. Saat pertama kali ikut balapan, kedua orang tua saya juga ada di sana," kata Marini kepada Speedweek, Minggu (9/10/2016)

"Dekat rumah saya, ada banyak anak muda lain yang juga menjadi pebalap seperti saya. Saat itu, saya tak tahu kalau kakak saya adalah Valentino Rossi yang sudah menjadi bintang MotoGP. Jadi, keputusan saya untuk jadi pebalap murni berasal dari diri saya sendiri," ujar Marini.

Setelah merangkak dari ajang balap level bawah, Marini akhirnya menjalani debut musim penuh di kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2016. Pada musim pertamanya, pebalap berusia 19 tahun itu langsung berkiprah di Moto2 tanpa terlebih dulu mencicipi kelas paling rendah, Moto3.

Minim pengalaman, Marini belum mampu berbicara banyak. Prestasi terbaik pebalap Forward Racing itu pada musim ini adalah finis keenam di Sachsenring, Jerman. Dia saat ini menduduki posisi ke-22 klasemen sementara dengan 23 poin.

Meski belum bisa naik podium, performa Marini tetap membuat Forward Racing puas. Kontrak Marini pun diperpanjang hingga musim 2017.

"Bagi saya, musim ini berjalan baik. Saya mampu meraih hasil bagus dan performa saya terus meningkat pada setiap balapan. Musim ini merupakan tahun pembelajaran buat saya. Saya mencoba belajar sebanyak mungkin untuk mempersiapkan diri menghadapi musim depan," ujar Luca Marini, yang digadang-gadang sebagai calon penerus Valentino Rossi di masa depan.

Momen Brad Binder Juara di MotoGP Republik Ceska dan Diberi Selamat Valentino Rossi