Sukses


Valentino Rossi Takjub Melihat Aksi Geng Motor Malaysia

Bola.com, Shah Alam - Ikon balap motor Malaysia, Shahrol Yuzy Ahmad Zaini, mengatakan bintang MotoGP Valentino Rossi terkejut melihat tingkah 'Mat Rempit' saat sedang berada di Negeri Jiran.

'Mat Rempit' merupakan sebutan untuk pengendara motor di Malaysia yang kerap melakukan balap liar atau aksi berbahaya seperti wheelie (mengangkat ban depan motor), superman (telungkup di jok motor), dan scorpion (berdiri di bagian belakang jok dengan satu kaki sambil wheelie) di jalan raya.

Fenomena 'Mat Rempit' mirip geng motor di Indonesia. Mereka biasanya melakukan konvoi dan membuat ulah yang meresahkan pengguna jalan di tengah kota pada malam hari.

Shahrol bercerita Rossi pernah berpapasan dengan 'Mat Rempit' saat sedang keluar malam bersamanya di Kuala Lumpur selepas MotoGP Malaysia. Ketika berada di Sungai Besi Highway, mobilnya tiba-tiba disalip segerombolan pemotor yang ugal-ugalan.

"Valentino Rossi mengatakan kepada saya dia melihat orang yang mengendarai motor sambil telungkup di atas jok. Dia takjub dan bertanya kepada saya tentang apa yang baru saja dilihatnya," kata Shahrol seperti dikutip dari The Sun Daily, Kamis (24/11/2016).

"Saya mengatakan kepadanya itu adalah 'Mat Rempit'. Setelah itu saya bertanya apakah dia bisa melakukannya. Dia berkata tak berani melakukannya, baik di jalan raya maupun di lintasan balap, karena bertentangan dengan prinsip budaya keselamatan yang dipegangnya," ujar Shahrol.

Shahrol merupakan eks pebalap yang pernah berkompetisi di ajang FIM European Championship dan Spanish Road Racing pada era 1990-an sebelum pensiun pada 2002. Dia pertama kali mengenal Rossi saat berlatih di Barcelona, Spanyol. Hubungan mereka tetap baik sampai sekarang. Keduanya kerap jalan bareng saat Rossi berada di Malaysia.

Shahrol menceritakan kisah Rossi dan 'Mat Rempit' di hadapan peserta forum diskusi tentang keselamatan berkendara di jalan raya di Shah Alam, Senin (21/11/2016). Shahrol, yang pernah tinggal selama tujuh tahun di Eropa, berharap dari kisah itu pengendara motor di Malaysia bisa meniru sikap orang Eropa.

"Pengendara motor di Eropa lebih disiplin dan toleran. Mereka sabar berbaris di belakang mobil saat kondisi jalan sedang macet, tak menyelip di antara mobil, tak menerobos lampu merah, atau berkendara dengan melawan arus. Pengendara motor memang harus mengutamakan keselamatan seperti itu," kata Shahrol.

Valentino Rossi saat ini juga sedang berada di Malaysia. Pebalap Movistar Yamaha itu melakukan tes privat bersama rekan setim barunya Maverick Vinales serta dua pebalap tim Yamaha Tech 3 Johann Zarco dan Jonas Folger di Sirkuit Sepang, 23-24 November 2016.

Video Populer

Foto Populer