Pebalap Superbike Kalahkan Catatan Waktu Rossi di Sirkuit Jerez

Oleh Andhika Putra pada 25 Nov 2016, 09:15 WIB
Diperbarui 25 Nov 2016, 09:15 WIB
Valantino Rossi
Pebalap Superbike membuktikan kemampuannya tak kalah dibanding rider MotoGP karena mampu mengalahkan catatan waktu Valentino Rossi.(Motorsport)

Bola.com, Jakarta - Pebalap Superbike, Jonathan Rea, mencatatkan waktu terbaik pada tes privat hari kedua di Sirkuit Jerez yang berlangsung pada 23-24 November 2016. Juara dunia Superbike 2015 dan 2016 itu bahkan mengungguli raihan waktu Valentino Rossi saat meraih pole position di sirkuit yang sama pada MotoGP 2016.

Rea menjadi yang tercepat dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 38,721 detik. Hasil itu lebih baik ketimbang Rossi yang hanya membukukan waktu 1 menit 38,736 detik. Fakta ini membuktikan bahwa rider Superbike bisa memiliki kualitas yang tak jauh berbeda dengan rider-rider MotoGP.

Tes privat di Sirkuit Jerez memang tak hanya diikuti oleh tim-tim MotoGP saja, tapi juga beberapa pebalap Superbike yang turun ke lintasan sebagai bagian dari persiapan jelang musim baru. Pada tes yang berlangsung selama dua hari tersebut, hanya ada tiga pabrikan MotoGP yang ambil bagian yakni Suzuki, Aprilia, dan KTM.

Pabrikan besar lain seperti Yamaha lebih memilih melakukan tes di Sirkuit Sepang yang kondisi cuacanya dirasa lebih cocok untuk menguji motor YZR-M1 2017. Sementara dua tim lainnya, yakni Ducati dan Honda lebih memilih untuk istirahat dan baru akan kembali melakukan uji coba pada sesi tes resmi MotoGP yang akan berlangsung di Sirkuit Sepang 30 Januari 2017.

 

Pada tes privat Yamaha yang dilakukan di Sirkuit Sepang, Rossi sukses mengungguli tandem barunya, Maverick Vinales. The Doctor mencatatkan waktu lap terbaik 2 menit 0,150 detik, sedangkan Vinales membukukan waktu 2 menit 0,175 detik.

Sebelumnya pihak Yamaha merahasiakan hasil tes privat Valentino Rossi dan Vinales pada tes hari pertama, Rabu (23/11/2016). Namun, banyak pihak meyakini Vinales meraih waktu lebih baik ketimbang Rossi.

Momen Brad Binder Juara di MotoGP Republik Ceska dan Diberi Selamat Valentino Rossi