Valentino Rossi Ungkap Arti Lorenzo dalam Kiprahnya di MotoGP

Oleh Yus Mei Sawitri pada 13 Des 2016, 08:15 WIB
Diperbarui 13 Des 2016, 08:15 WIB

Bola.com, Valencia - Bintang MotoGP, Valentino Rossi, menyebut Jorge Lorenzo punya peran penting dalam kiprahnya di ajang MotoGP pada beberapa tahun terakhir. Menurut Rossi, Jorge Lorenzo selalu menjadi pemicu motivasi yang hebat untuk tampil apik di lintasan. 

"Kami memenangi banyak hal bersama-sama. Sejak pertama kami sangat kompetitif, apalagi kami menjadi rekan setim cukup lama. Saya rasa kami banyak belajar satu sama lain," kata Rossi, mengungkap arti Lorenzo dalam kariernya, seperti dilansir Speedweek, Senin (12/12/2016). 

"Dia (Lorenzo) selalu menjadi motivasi hebat, karena pada akhirnya kami adalah dua pebalap papan atas yang berada di tim yang sama," imbuh The Doctor.

Duet Rossi dan Lorenzo menjadi aset yang berharga untuk Yamaha. Target juara dunia selalu dicuatkan setiap musim, meski tak selalu terwujud. Pada MotoGP 2016 gelar juara dunia direbut oleh pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Adapun Rossi dan Lorenzo harus puas berada di posisi kedua dan ketiga. 

"Dalam beberapa tahun terakhir kami memiliki motor yang bisa untuk memenangi gelar juara dunia. Di atas semua itu, ditilik dari hasilnya, kami adalah tim yang bagus," ujar Valentino Rossi.

Rossi dan Lorenzo menjadi rekan setim selama tujuh musim. Rivalitas mereka selalu hebat dan memicu tensi tinggi. Puncak rivalitas kedua pebalap terjadi pada musim 2015. Rossi menuding Lorenzo sengaja berkonspirasi dengan Marquez untuk menjegal ambisi Rossi memenangi gelar juara dunia untuk ke-10. Kedua pebalap pun terlibat perang dingin. Musim itu gelar juara dunia akhirnya jadi milik Lorenzo. 

Tensi tinggi dengan Valentino Rossi diyakini menjadi faktor di balik keputusan Lorenzo hengkang dari Yamaha yang sudah dibelanya selama sembilan tahun. Lorenzo memilih pergi guna memulai petualangan baru bersama Ducati mulai musim 2017.