Sukses


Ducati Pertimbangkan Tampil di Moto3

Bola.com, London - Ducati mengungkap wacana melebarkan sayap di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Direktur olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengatakan pabrikan asal Italia itu sedang mempertimbangkan ikut Moto3.

"Moto3 merupakan sesuatu yang menarik. Ini bukan rencana, tapi sesuatu yang sedang kami pikirkan," kata Ciabatti seperti dikutip dari Crash, Selasa (13/12/2016).

Ciabatti mengatakan fokus utama Ducati pada tahun depan masih di MotoGP. Ciabatti menyebut Ducati akan tampil 100 persen demi merebut titel menyusul kedatangan tiga kali juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo.

"Ducati tak akan ikut Moto3 pada tahun depan karena belum ada keputusan. Namun, jika proyek MotoGP kami berjalan lancar, kami mungkin akan lebih serius ikut Moto3," ujar Ciabatti.

Salah satu keuntungan ikut Moto3 adalah bisa membangun hubungan dengan calon bintang masa depan. Sejauh ini, Honda dan KTM sudah memiliki proyek Moto3.

Ducati memang belum berkecimpung di Moto3. Namun, Ducati memiliki tiga tim satelit atau yang terbanyak di antara pabrikan lain di MotoGP.

"Mayoritas pebalap yang naik ke MotoGP berasal dari Moto2 dan kebanyakan dari mereka juga sukses di Moto3. Kami punya beberapa tim satelit, jadi kami bisa menggaet rider muda berbakat tanpa tekanan berada di tim pabrikan," tutur Ciabatti.

Akan tetapi, jumlah tim satelit Ducati bakal berkurang jika Suzuki, KTM, dan Aprilia juga memiliki tim satelit. Berdasarkan kesepakatan komersial MotoGP terbaru, nantinya setiap pabrikan diwajibkan memiliki satu tim factory dan satu tim satelit.

Video Populer

Foto Populer