Sukses


MotoGP: Sirkuit Catalunya Resmi Berganti Wajah

Bola.com, Catalunya - Sirkuit Catalunya untuk ajang MotoGP resmi berganti layout. MotoGP mengumumkan sirkuit ini akan berganti wajah secara permanen demi menghindari insiden maut seperti yang dialami pebalap Prancis, Luis Salom.

 

Seperti diketahui, Salom merenggang nyawa setelah mengalami kecelakaan di tikungan ke-12 Sirkuit Catalunya. Salom menjalani insiden saat menjalani sesi latihan bebas 2 (FP2) Moto2.

Setelah insiden itu, MotoGP kemudian mengubah layout sirkuit untuk sementara waktu saat balapan berlangsung. Setelah melakukan beberapa pertimbangan, akhirnya pengelola Sirkuit Catalunya memenuhi kebutuhan Federasi Motor Internasional (FIM) soal layout sirkuit.

"Sirkuit Catalunya akan mengunakan layout F1 untuk tikungan ke-10. Ada chicane baru setelah tikungan ke-13," demikian yang dirilis situs resmi MotoGP, Kamis (15/12/2016).

Layout baru Sirkuit Catalunya untuk MotoGP. (MotoGP)

Layout baru ini juga membuat jarak trek Sirkuit Catalunya untuk MotoGP mengalami perubahan, menjadi 4652 meter, kurang tiga meter dari jarak trek yang digunakan pada ajang F1.

Perubahan ini dijadwalkan bakal selesai 11 Juni 2017. Diharapkan, layout baru Sirkuit Catalunya untuk MotoGP bisa membuat para pebalap terhindar dari insiden maut.

Video Populer

Foto Populer