Pengamat MotoGP Senior Ungkap Borok Vinales dan Lorenzo

Oleh Oka Akhsan pada 26 Des 2016, 13:19 WIB
Diperbarui 26 Des 2016, 13:19 WIB
Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo (kanan).
Maverick Vinales (kiri), dinilai masih belum terbukti jago dalam duel satu lawan satu, sedangkan Jorge Lorenzo dianggap masih lemah saat berkomunikasi. (Speedweek)

Bola.com, Roma - Pengamat MotoGP senior asal Italia, Carlo Pernat, mengakui Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales merupakan pebalap hebat. Namun, Pernat mengatakan dua rider asal Spanyol itu masih punya kekurangan.

Lorenzo disebut Pernat lemah dalam komunikasi. Pernat mengungkapkan Lorenzo kerap melakukan blunder saat berbicara kepada media.

"Kalau saya jadi Santa Claus, saya akan memberikan Lorenzo kursus komunikasi selepas balapan dengan tema berpikir sebelum berbicara. Dari sudut pandang itu, Jorge benar-benar sangat lemah," kata Pernat dalam kolomnya di situs GPOne.

Sementara itu, Pernat menyebut Vinales sebagai titisan Jorge Lorenzo karena sama-sama sangat kuat dan bisa menang jika sudah melepaskan diri dari pebalap lain sejak awal lomba. Hanya, Pernat mengklaim Vinales masih punya nilai minus, yaitu belum terbukti jago dalam duel satu lawan satu.

"Saya belum pernah melihatnya memperlihatkan aksi menyalip yang ciamik. Dia masih perlu membuktikan diri dalam situasi satu lawan satu," ujar Pernat.

Maverick Vinales merupakan rekan setim baru Valentino Rossi di Movistar Yamaha pada MotoGP 2017. Pebalap yang pada musim 2015 dan 2016 membela Suzuki itu menggantikan Jorge Lorenzo yang pindah ke Ducati. Vinales langsung masuk daftar kandidat juara dunia musim 2017, sedangkan kiprah Lorenzo bersama Ducati masih menjadi tanda tanya.