Jorge Lorenzo Tunjuk Michele Pirro sebagai Analis Trek

Oleh Oka Akhsan pada 02 Feb 2017, 10:36 WIB
Diperbarui 02 Feb 2017, 10:36 WIB
Jorge Lorenzo
Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, menunjuk Michele Pirro sebagai trek analis pada MotoGP 2017. (Motorsport)

Bola.com, Sepang - Pebalap baru Ducati, Jorge Lorenzo, akhirnya mendapatkan trek analis untuk MotoGP 2017. Dia adalah pebalap penguji Ducati, Michele Pirro.

"Saya sangat senang bekerja sama dengan Michele. Itulah alasan mengapa saya memilih dia sebagai analis baru," kata Lorenzo kepada Motorsport pada sela-sela tes Sepang, Rabu (1/2/2017).

Ketika masih di Yamaha, Lorenzo dibantu Wilco Zeelenberg sebagai trek analis. Namun, eks bintang kelas 250cc asal Belanda itu memilih tetap setia bersama Yamaha dan tak ikut Lorenzo hijrah ke Ducati.

Sempat dikaitkan dengan pebalap penguji dan duta Ducati, Casey Stoner, serta mantan bintang kelas 500cc/MotoGP, Max Biaggi, Lorenzo akhirnya memutuskan bekerja sama dengan Pirro.

Sejak resmi menjadi pebalap Ducati, Lorenzo memang langsung klik dengan Pirro. Bahkan, Lorenzo menyempatkan diri berkunjung ke rumah Pirro di Cesena.

"Kami punya tujuan yang sama. Ducati sudah seperti keluarga buat saya dan jika bisa membantu Jorge menjadi juara dunia, saya akan ikut senang," ujar Pirro yang menjadi pebalap penguji Ducati dalam empat musim terakhir.

"2017 merupakan tahun kelima saya di Ducati dan saya sudah mengendarai semua motor mereka. Jorge Lorenzo beruntung datang pada momen yang tepat. Namun, normal jika pebalap butuh waktu untuk beradaptasi dengan motor baru," tutur Pirro.

Sejauh ini Lorenzo kesulitan beradaptasi dengan motor Desmosedici GP17. Pada tes pramusim resmi di Sirkuit Sepang, Malaysia, 30 Januari-1 Februari 2017, Lorenzo masih belum meyakinkan. Pada hari pertama, dia ada di peringkat ke-17, lalu naik ke posisi kesembilan pada hari kedua. Pada hari terakhir, Lorenzo turun lagi ke posisi kedelapan.

Menurut Pirro, salah satu penyebab Lorenzo belum bisa mengeluarkan penampilan terbaik adalah karena dia tak pernah menggeber motor lain selain Yamaha YZR-M1 selama berkarier di MotoGP.

"Kami harus ingat bahwa sampai saat ini Jorge cuma mengenal motor Yamaha di kelas MotoGP. Desmosedici menuntut gaya balap yang berbeda. Motor Ducati sebenarnya tak jauh berbeda dengan motor MotoGP lain. Dia hanya belum familier. Yang perlu dia lakukan hanyalah menghabiskan waktu sebanyak mungkin di trek," kata Pirro.

"Dari Senin ke Selasa, waktunya lebih cepat satu detik. Pada Rabu dia bisa lebih cepat lagi. Motor yang dia pakai tak mengalami perubahan. Artinya dia sudah mulai mampu beradaptasi," ujar Pirro.

Sebagai pebalap penguji Ducati, Michele Pirro tak selalu datang ke setiap balapan. Namun, setelah menjadi trek analis, pebalap asal Italia itu akan lebih sering datang ke race weekend untuk mendampingi Jorge Lorenzo.