Sukses


Tanpa Winglet, Motor Ducari Sulit Dijinakkan Lorenzo

Bola.com, Jakarta - Pebalap anyar Ducati, Jorge Lorenzo, mengaku kesulitan mengendalikan motor Desmosedici GP17 tanpa menggunakan winglet. Akselerasi motor Ducati yang besar membuat X-Fuera harus menahan beban fisik cukup besar karena tak ada penahan downforce di bodi motor.

"Sebetulnya akan sedikit sulit mengendalikan motor Ducati tanpa winglet yang sebetulnya sangat bermanfaat untuk Desmosedici. Tenaga motor Ducati sangat besar sehingga saya harus menahan beban motor agar tidak melompat tanpa winglet," ujar Jorge Lorenzo kepada wartawan pada acara jumpa pers yang digelar Shell Indonesia di Exodus Club, Kuningan, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Winglet atau sayap tambahan di fairing motor merupakan teknologi yang dikembangkan Ducati untuk mengurangi downforce di lintasan. Namun, Dorna selaku penyelenggara MotoGP mulai musim depan melarang penggunaan winglet pada motor untuk semua pabrikan.

Bagian winglet yang menonjol dianggap sebagai benda berbahaya yang bisa membahayakan pebalap ketika berada di dalam lintasan. Menyiasati hal tersebut beberapa pabrikan seperi Yamaha saat ini mulai mengembangkan winglet jenis baru yang tidak membahayakan pebalap lain.

Ducati selaku pioner dalam pengunaan winglet di MotoGP saat ini justru terlihat belum mengembangkan sayap tambahan jenis baru pada motornya. Namun, direktur teknik Ducati, Paolo Ciabatti, berujar saat ini pabrikan asal Italia tersebut masih mengembangkan winglet jenis baru dan motor Desmosedici GP17 saat ini belum sempurna. 

"Pabrikan lain memang telah membuat dan mengembangkan winglet jenis baru. Kami tidak tertinggal dari mereka, winglet kami masih dalam tahap pengembangan," ujar Ciabatti.

Ducati mengklaim motor Desmosedici GP17 versi sempurna akan digeber Jorge Lorenzo dan Andre Dovizioso pada seri perdana MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar.⁠⁠⁠⁠

Video Populer

Foto Populer