Juara Superbike Sebut Rossi Pebalap Terhebat Sepanjang Masa

Oleh Oka Akhsan pada 25 Feb 2017, 14:20 WIB
Diperbarui 25 Feb 2017, 14:20 WIB
Valentino Rossi
Bintang MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, dianggap sebagai pebalap motor terhebat sepanjang masa oleh juara dunia Superbike, Jonathan Rea. (Bola.com/Twitter/MotoGP)

Bola.com, Barcelona - Bintang Superbike Jonathan Rea membuat sensasi pada tes privat yang diikuti pebalap MotoGP dan Superbike di Sirkuit Jerez, Spanyol, November 2016. Pebalap kelahiran Irlandia Utara itu mampu membuat catatan waktu yang lebih baik daripada torehan pole position tujuh kali juara dunia MotoGP/500cc Valentino Rossi pada MotoGP Spanyol 2016.

Rea menjadi yang tercepat dalam tes dengan membukukan catatan waktu lap terbaik 1 menit 38,721 detik. Catatan juara dunia Superbike musim 2015 dan 2016 itu lebih cepat ketimbang waktu Rossi pada sesi kualifikasi MotoGP Spanyol 2016, yaitu 1 menit 38,736 detik.

Kecepatan Rea saat tes di Jerez membuat pebalap berusia 30 tahun itu menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Bahkan, sebagian sampai membandingkan Rea dengan Rossi.

"Dibandingkan dengan Valentino Rossi merupakan hal yang sangat istimewa bagi saya. Buat saya, Rossi adalah seorang pahlawan. Dia merupakan pebalap terhebat sepanjang masa di dunia balap motor," kata Rea dalam wawancara dengan Mundo Deportivo, Jumat (24/2/2017).

Meski catatan waktunya di Jerez lebih baik daripada beberapa pebalap MotoGP yang juga ikut tes, Rea enggan membandingkan Superbike dan kelas tertinggi di balapan grand prix itu. Menurutnya, Superbike dan MotoGP punya banyak perbedaan.

"Saya rasa tak mudah membandingkan Superbike dengan MotoGP. Kedua ajang balap motor itu sangat berbeda. Satu hal yang pasti, Superbike dan MotoGP sama-sama memiliki sederet pebalap yang sangat kompetitif," ujar Rea.

Rea masih terikat kontrak dengan Kawasaki di Superbike hingga dua tahun ke depan. Soal masa depan, dia mengaku masih belum bisa memutuskannya pada saat ini, apakah akan pensiun, pindah ke MotoGP, atau mencoba ajang balap lain.

"Saya suka mobil dan akan sangat menyenangkan jika bisa menjajal jet darat F1 seperti Valentino Rossi bersama Ferrari dan Jorge Lorenzo bareng Mercedes. Namun, saya rasa saya tak akan bisa kompetitif di ajang balap yang tak berhubungan dengan motor," tutur Rea.