Adik Tiri Rossi Contek Agresivitas dan Mentalitas Sang Kakak

Oleh Oka Akhsan pada 26 Feb 2017, 16:50 WIB
Diperbarui 26 Feb 2017, 16:50 WIB
Luca Marini dan Valentino Rossi (kanan).
Pebalap Moto2, Luca Marini, mengaku ingin punya mental petarung seperti sang kakak, Valentino Rossi. (Gazzetta World)

Bola.com, Jakarta - Adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, akan menjalani musim kedua di Moto2 bersama tim Forward pada 2017. Agar bisa meraih hasil yang lebih baik daripada musim lalu, Marini mengaku banyak belajar dari sang kakak.

Pada musim debut di Moto2 tahun lalu, Marini hanya menempati posisi ke-23 klasemen akhir dengan 34 poin. Prestasi terbaik pebalap berusia 19 tahun itu adalah finis keenam di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Marini bertekad meraih pencapaian yang lebih oke pada musim 2017. Dia mempersiapkan diri secara seriusĀ untuk meningkatkan kemampuan dengan berlatih bersama sang kakak dan para pebalap VR46 Riders Academy di motor ranch, Tavullia, Italia.

"Saya harus meningkatkan kemampuan menyalip lawan karena banyak pebalap lain yang lebih agresif ketimbang saya. Selama ini saya kerap kehilangan banyak waktu di belakang pebalap yang lebih lambat," kata Marini seperti dikutip dari Speedweek, Minggu (26/2/2017).

"Duel ketat di motor ranch membantu meningkatkan agresivitas saya. Valentino Rossi juga memperlihatkan manuver agresif di ranch. Pemandangan itu sangat tak biasa karena dia dikenal sebagai salah satu pebalap yang paling akurat di MotoGP. Dia selalu menyalip lawan secara sempurna. Di Ranch, saya sering mempelajari hal menarik darinya," ujar Marini.

Selain agresivitas, Marini mengatakan seorang pebalap mesti memiliki mental yang kuat. Untuk hal yang satu ini, Marini juga menyerap ilmu dari Rossi.

"Pada awal-awal musim perdana di Moto2, mental saya kerap jatuh setelah menjalani lomba yang buruk. Namun, saya belajar untuk tetap fokus dan melupakan hal-hal buruk saat latihan, kualifikasi, dan juga balapan," kata Marini.

"Bagi saya, sangat penting untuk terus meningkatkan kemampuan diri dan menghindari melakukan kesalahan yang sama. Saya mencoba meningkatkan kekuatan mental saya. Hal itu sangat penting seperti yang terlihat pada Vale. Namun, saya yakin pengalaman pada tahun lalu akan banyak membantu saya menghadapi musim 2017," ujar Marini.

Luca Marini sudah memperlihatkan progres pada tes privat di Valencia dan Jerez. Dalam dua kesempatan tes itu, adik tiri Valentino Rossi tersebut selalu menempati posisi ketiga.

Momen Brad Binder Juara di MotoGP Republik Ceska dan Diberi Selamat Valentino Rossi