Sukses


11 Fakta dan Statistik Menarik Jelang MotoGP Spanyol

Bola.com, Jerez - Sirkus MotoGP akan memulai tur Eropa pada akhir pekan ini setelah menyambangi Asia dan Benua Amerika pada tiga seri awal. Sirkuit Jerez sebagai tuan rumah MotoGP Spanyol mendapat kehormatan untuk menjadi destinasi pertama lanjutan duel tiga kuda pacu: Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Marc Marquez di Benua Biru.

Rossi datang ke Negeri Matador sebagai pemuncak klasemen sementara. The Doctor belum pernah menang tapi paling konsisten naik podium.

Rossi mengoleksi 56 poin dari tiga balapan. Pebalap Movistar Yamaha itu unggul enam poin atas rekan setimnya Vinales yang memenangi dua balapan pertama tapi gagal finis di Austin.

Marquez yang naik podium teratas di Austin ada di posisi ketiga. Si Bayi Alien berselisih 18 angka dengan Rossi.

Rossi merupakan pemenang MotoGP Spanyol 2016. Pebalap veteran berusia 38 tahun itu juga punya rekor bagus di Jerez.

Jerez pertama kali menjadi tuan rumah MotoGP Spanyol pada 1987. Tahun ini menandai edisi ke-30 Jerez menggelar MotoGP Spanyol.

Sebelum melihat para pebalap beraksi pada 5-7 Mei, berikut ini adalah 11 fakta dan statistik menarik MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez seperti dilansir situs resmi MotoGP.

2 dari 3 halaman

Dominasi Spanyol

- Assen merupakan satu-satunya sirkuit yang menggelar balapan grand prix balap motor secara beruntun dalam waktu yang lebih lama ketimbang Jerez.

- Honda dan Yamaha sama-sama telah meraih tujuh kemenangan kelas MotoGP di Jerez.

- Ducati baru sekali menang di Jerez, yakni pada 2006 ketika Loris Capirossi jadi juara dari pole position. Nicky Hayden menjadi pebalap Ducati terakhir yang naik podium di Jerez saat finis ketiga pada 2011.

- Kemenangan terakhir Suzuki di Jerez adalah pada 2000 ketika Kenny Roberts memenangi balapan kelas 500cc dan menjadi juara dunia pada akhir musim. Aleix Espargaro finis kelima pada tahun lalu sekaligus menyamai pencapaian terbaik Suzuki di Jerez pada era MotoGP.

- Aleix Espargaro (Aprilia) akan melakoni start balapan grand prix ke-200 di Jerez. Dia bakal menjadi pebalap ke-32 sepanjang sejarah grand prix balap motor dan kesembilan dari Spanyol yang start dalam 200 balapan di seluruh kelas.

- Minimal ada satu pebalap Spanyol yang naik podium balapan MotoGP di Jerez dalam 13 tahun terakhir, dimulai pada 2004. Pebalap Spanyol juga paling sering memenangi balapan kelas primer (500cc/MotoGP) di Jerez dibanding di sirkuit lain.

3 dari 3 halaman

Pole Krusial

- Alberto Puig menjadi pebalap Spanyol pertama yang memenangi balapan kelas primer (500cc/MotoGP) di Jerez pada 7 Mei 1995.

- Tahun lalu menandai pertama kalinya sejak 2009 pebalap Spanyol tak jadi juara di salah satu dari tiga kelas grand prix balap motor di Jerez.

- Balapan kelas MotoGP di Jerez dalam lima tahun terakhir dimenangkan oleh lima pebalap berbeda, yaitu Casey Stoner, Dani Pedrosa, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi.

- Dalam tiga tahun terakhir, pebalap yang memenangi balapan kelas MotoGP di Jerez start dari pole position.

- Kemenangan di Jerez pada tahun lalu menandai pertama kalinya Valentino Rossi menjuarai balapan dengan start dari pole position dan memimpin lomba pada setiap lap sejak 2009.

Video Populer

Foto Populer