Sukses


Dorna Bakal Gelar Balapan MotoGP Elektrik pada 2019

Bola.com, Jerez- CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, mengaku telah mendapat rancangan perihal balapan MotoGP dengan motor elektrik. Rencananya, balapan MotoGP Elektrik bergulir pada 2019.

Balapan MotoGP elektrik bukan menggunakan motor konvensional berbahan bakar fosil, melainkan motor elektrik yang memakai sumber tenaga listrik. Grid MotoGP elektrik hanya akan diisi 18 motor. Pesertanya berasal dari MotoGP (14 pebalap) dan Moto2 (empat pebalap tercepat).

"Proyek ini terus berjalan ke arah positif. Sepertinya pada 2019 kami bakal memulai kompetisi dengan menggunakan motor elektrik," ujar Ezpelata dikutip dari The Drive, Rabu (10/5/2017).

Kemungkinan motor yang dipakai untuk balapan MotoGP elektrik hanya berasal dari satu pabrikan. Ezpeleta menyebut saat ini sudah ada empat pabrikan yang mengajukan diri menjadi pemasok motor elektrik, tapi identitasnya masih dirahasiakan.

"Kami telah mendapat empat penawaran dari pabrikan berbeda soal penggunaan motor elektrik. Minimum lap yang bakal dilahap para pebalap dengan motor elektrik hanya 10 lap," sambungnya.

Rencana Dorna membuat balapan MotoGP elektrik ini disambut positif banyak pabrikan yang tengah mengembangkan teknologi motor elektrik. Ajang balap motor elektrik belum ada sehingga para pabrikan besar tak memiliki wadah untuk mengukur kemampuan motor non konvensional milik mereka. 

Video Populer

Foto Populer