Lorenzo Disarankan Tak Banyak Mengeluh di Ducati

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Mei 2017, 05:30 WIB
Diperbarui 30 Mei 2017, 05:30 WIB
Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo diminta tak mudah mengeluh menghadapi proses adaptasi di Ducati yang berjalan kurang mulus. (Crash)

Bola.com, Mugello - Jorge Lorenzo diminta tak mudah mengeluh menghadapi proses adaptasi di Ducati yang berjalan kurang mulus. Pesan tersebut disampaikan legenda balap motor 500cc, Giacomo Agostini, yang mengaku mengikuti perkembangan Lorenzo bersama tim Ducati. 

Pemegang 15 gelar juara dunia grand prix itu mengatakan X-Fuera harus membiasakan diri dengan motor Desmocedici GP17 milik Ducati. Dengan begitu, perkembangannya akan terlihat di lintasan balap MotoGP.

"Sampai saat ini, saya mengharapkan sedikit lebih dan tidak mengerti apa yang terjadi. Konsentrasinya harus pada gelar juara dunia hingga 2018. Karena itu, dia harus terbiasa dengan motor yang mereka sediakan," jelas Agostini, seperti dikutip dari Speedweek, Senin (29/5/2017).

Situasi Lorenzo sebenarnya pernah dirasakan Agostini saat hijrah dari tim Mv Agusta ke Yamaha pada 1974. Namun, saat itu legenda balap asal Italia tersebut masih mematikan di lintasan balap MotoGP. Dia berhasil memberikan kontribusi besar dengan merebut gelar juara dunia.

"Nah, ketika saya meninggalkan MV Agusta dan beralih ke Yamaha, yang benar-benar motor yang sama sekali berbeda, tapi saya hanya membutuhkan 10 hari untuk sampai ke 100 persen," kata Agostini. 

"Saya kira saya tidak akan mendapat juara dunia karena saya memberikan target selama satu tahun untuk mengenalnya. Tapi pada kenyataannya saya berhasil," ujar Agostini.

Performa Jorge Lorenzo bersama Ducati mulai menunjukkan grafik positif. Pada dua balapan terakhir di MotoGP Jerez dan MotoGP Prancis, X-Fuera finis di posisi ketiga dan keenam. Pada tiga balapan sebelumnya, raihan terbaik Lorenzo hanya finis di posisi kesembilan. (Artikel asli ditulis David Permana/diedit Edu Krisnadefa/Liputan6.com)